Jawa Pos

Hasil Rekayasa Genetika dan Sempat Menimbulka­n Polemik

-

REKAYASA GENETIK: Dalam tubuh glofish terdapat gabungan DNA ubur-ubur dana karang merah yang membuatnya berpendar saat disorot lampu LED maupun UV. Beberapa jenis glofish, di antaranya, sunburst orange (kiri atas), cosmic blue (tengah), dan starfire red (bawah).

glow in the dark ya,” untuk kepentinga­n displai pada waktuwaktu tertentu.

Menurut dia, dengan penggunaan lampu tersebut, beberapa jenis ikan mengalami perubahan warna secara drastis. Misalnya cosmic blue, baik dari spesies tetra maupun danio. Benar benar berpendar dan menyala. Warna dasar biru menghilang dan berubah menjadi transparan. Pun starfire red, warna merahnya berubah menyala. Menurut Rossi, ikan itu cocok untuk aquascape dan tidak pas jika disandingk­an dengan ikan lainnya.

The News York Times pada 2003 mengulas bahwa ikan itu merupakan hasil rekayasa genetika. Ilmuwan menggabung­kan DNA ubur-ubur dan karang merah pada tubuh ikan zebra. Setelah itu, ada beberapa ikan lain yang juga menjadi objek percobaan. Seperti betta (cupang) dan shark (bukan hiu).

Ikan zebra yang mengandung DNA karang akan berwarna merah, sedangkan yang mengandung DNA ubur-ubur akan berwarna hijau. Kalau ikan tersebut mengandung dua DNA, DNA uburubur dan DNA karang merah (sejenis anemon jamur), mereka akan berwarna kuning. Protein dari DNA ubur-ubur itu yang akan menjadi sumber cahaya saat disinari UV.

Perusahaan yang memiliki hak paten ikan itu adalah Yorktown Technologi­es dari Austin, Amerika Serikat. Mereka menyebut ikan itu sebagai ’’keajaiban ilmu pengetahua­n’.’ Meski begitu, rekayasa tersebut tak lepas dari kritik.

Pusat keamanan pangan di Washington sempat mencegah penjualan ikan tersebut karena dianggap sebagai polusi biologis. Tapi, Alan Blake, kepala eksekutif Yorktown, mengatakan bahwa perusahaan telah memeriksa kelayakan ikan ini untuk diperjualb­elikan bersama Food and Drug Administra­tion Badan Perlindung­an Lingkungan Departemen Pertanian dan Layanan Ikan dan Margasatwa. Hingga Mei 2017 Spectrum Brands Inc yang membeli hak paten glofish dari Yorktown Technologi­es.

 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ??
ALFIAN RIZAL/JAWA POS
 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ??
ALFIAN RIZAL/JAWA POS
 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ??
ALFIAN RIZAL/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia