Jawa Pos

Tinggal Tambah Butter dan Susu

Tepung premiks membuat siapa saja jago masak. Termasuk baking. Tepung tersebut diformulas­ikan dengan bahan tambahan yang takarannya sesuai kebutuhan memasak. Tinggal tambahkan likuid, lalu aduk, adonan pun siap diolah sesuai dengan resep!

-

”Kunci keberhasil­an ada di tahap pencampura­n adonan. Cukup diaduk perlahan dengan Tidak perlu menggunaka­n

Jika pengocokan dilakukan dengan kecepatan tinggi, adonan justru bisa gagal mengembang.”

BUAT pemula, baking sering kali menjadi momok. Takaran harus tepat. Tahap pembuatann­ya –mulai pemilihan bahan hingga teknik mengaduk– cukup kompleks. Namun, menurut Sakti Febrian Nugroho, pemula bisa memanfaatk­an tepung premiks. Tepung itu dibuat dengan tambahan susu, gula, bahan pengembang, hingga pengganti telur. Hasil memasak pun lebih konsisten karena takarannya pas. Kini cake bisa dibuat dengan modal tepung premiks.

”Karena semua bahan kering sudah komplet, tinggal tambahkan butter, margarin, dan susu cair,” ujar chef Premiks Blend’O tersebut. Sakti menilai, kandungan lemak dari tiga bahan tambahan itu bakal membuat tekstur cake lembut. Agar lebih mudah dipraktikk­an, dia membuat resep soft cake yang dikukus.

Pembuatann­ya relatif mudah. Sakti menilai, kunci keberhasil­an cake ada di tahap pencampura­n adonan. Adonan cukup diaduk perlahan dengan whisk. Tidak perlu menggunaka­n mixer. Jika pengocokan dilakukan dengan kecepatan tinggi, adonan justru bisa gagal mengembang.

Selain itu, pengukusan amat berpengaru­h. Sakti menilai, pengukusan bisa dilakukan di pan berisi air maupun kukusan. Berdasar percobaann­ya, dua cara tersebut mampu menghasilk­an soft cake yang matang merata. ”Yang perlu dicatat, waktu mengukus. Rata-rata, pengukusan sekitar 25 menit dengan api sedang,” paparnya.

Namun, lama mengukus juga dipengaruh­i kedalaman pan. ”Kalau dicek dengan tusuk gigi masih ada adonan yang lengket, tambah lagi dua menit, lalu cek ulang,” tuturnya.

Pria yang mulai belajar memasak secara otodidak itu menjelaska­n, soft cake dapat dicetak dengan loyang cake. Cukup sesuaikan waktu memasak. Soft cake juga bisa diisi dan dihias sesuai dengan selera. ”Karena simpel, ia bisa dibuat dadakan dan di dapur yang minimalis sekalipun,” ujarnya.

cake

whisk. mixer.

CARA MEMBUAT:

 ?? FOTO-FOTO: ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? BIARKAN DINGIN AGAR SEMPURNA: Agar hasil cake mulus saat dikeluarka­n, pastikan suhu cake turun. Jika dikeluarka­n pada suhu panas, cake bakal ”patah” di tengah.
FOTO-FOTO: ALFIAN RIZAL/JAWA POS BIARKAN DINGIN AGAR SEMPURNA: Agar hasil cake mulus saat dikeluarka­n, pastikan suhu cake turun. Jika dikeluarka­n pada suhu panas, cake bakal ”patah” di tengah.
 ?? ??
 ?? ??
 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia