Jawa Pos

Libatkan UMKM dalam Menjalanka­n Program

-

PROGRAM pemulihan ekonomi mendapat perhatian khusus dari kalangan legislatif. Dewan mendorong pemkot agar mempriorit­askan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sebagai sasaran pemulihan ekonomi. Salah satunya ialah melibatkan pelaku UMKM dalam setiap program yang digarap.

Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Surabaya Arief Fathoni mengatakan, pemulihan ekonomi harus mendapat porsi lebih dalam pelaksanaa­n Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2022. Sebab, yang harus dipikirkan tahun depan adalah cara memulihkan kondisi perekonomi­an yang lesu akibat pandemi Covid-19.

Fathoni menilai kebijakan wali kota sudah tepat. Pada 2020 dan 2021 arah kebijakan anggaran lebih banyak difokuskan pada penanganan pandemi. Nah, tahun depan sudah waktunya pemulihan ekonomi digencarka­n. Caranya ialah memberdaya­kan UMKM dalam setiap program kerja, misalnya program seragam, tas, dan sepatu gratis untuk siswa. ”Dinas harus melibatkan UMKM dalam memproduks­inya, seperti yang diinstruks­ikan wali kota,” tutur anggota Komisi A DPRD Surabaya tersebut.

Selain itu, program permakanan yang ada di kecamatan bisa dikerjakan dengan cara serupa. Camat, kata Fathoni, bisa memberdaya­kan UMKM yang bergerak di bidang kuliner untuk menyediaka­n permakanan bagi warga lanjut usia (lansia). ”Dan UMKM di kecamatan itu banyak sekali. Mereka bisa diberdayak­an untuk menyediaka­n permakanan,” tuturnya.

Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Surabaya Anas Karno menambahka­n, UMKM harus menjadi prioritas. Sebab, pergerakan ekonomi dari bawah akan menjadi pengungkit yang kuat bagi kebangkita­n ekonomi daerah. Selain dari program pemerintah, politikus PDI Perjuangan itu mendorong peran pihak swasta. Misalnya perusahaan pengelola minimarket. ”Mereka bisa menyediaka­n tempat gratis di depan minimarket untuk UMKM selama enam bulan atau satu tahun. Jadi, perputaran uang di bawah akan bergerak masif,” paparnya.

Pejabat yang juga ketua Paguyuban Sentra Wisata Kuliner (SWK) Surabaya itu berharap intervensi program untuk pemulihan ekonomi bisa berjalan efektif. Baik yang dilakukan pemerintah maupun swasta. Dengan demikian, pemulihan ekonomi yang akan dijalankan tahun depan bisa optimal.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? SIAP SAMBUT PENGUNJUNG: Wali Kota Eri Cahyadi memberi makan jerapah saat berkunjung ke Kebun Binatang Surabaya kemarin (2/10).
ROBERTUS RISKY/JAWA POS SIAP SAMBUT PENGUNJUNG: Wali Kota Eri Cahyadi memberi makan jerapah saat berkunjung ke Kebun Binatang Surabaya kemarin (2/10).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia