Jawa Pos

Prokes Siap, KBS Dibuka Hari Ini

-

SURABAYA – Setelah ditutup sebagai dampak kebijakan PPKM, Kebun Binatang Surabaya (KBS) segera beroperasi kembali. Hari ini (3/10) wisata satwa itu bakal dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. Kapasitas pengunjung yang diizinkan untuk tahap awal ini hanya 25 persen.

Jadwal pembukaan itu dipastikan setelah Wali kota Eri Cahyadi berkunjung ke KBS kemarin siang (2/10). Dia didampingi Direktur Utama Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS Khairul Anwar dan Kepala Badan Penanggula­ngan Bencana dan Perlindung­an Masyarakat (BPB Linmas) Irvan Widyanto. ”KBS sudah siap dibuka besok (hari ini, Red),” kata Eri.

Selain di pintu masuk, QR code PeduliLind­ungi ditempel di pintu keluar. ”Saya sudah cek semuanya.

Mulai pintu masuk dan keluar semua sudah dipasang QR code PeduliLind­ungi,” jelas Eri.

Dia menyampaik­an, operasiona­l KBS sudah siap sepenuhnya. Kesiapan tersebut sudah melalui proses asesmen. Mulai Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 hingga Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur. Bahkan, Kementeria­n Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sudah memberi lampu hijau. Selain KBS, tempat wisata yang juga diizinkan dibuka dengan menerapkan prokes ketat adalah Surabaya North Quay.

Bagi Eri, pembukaan tempat wisata seperti KBS adalah upaya untuk memulihkan sektor perekonomi­an di Kota Pahlawan. Sebab, di sekitar KBS, tumbuh banyak sekali UMKM. Di dalam KBS, misalnya, ada puluhan stan UMKM yang terlibat. Misalnya, stan makanan dan minuman. Dengan begitu, ketika KBS beroperasi, aktivitas perekonomi­an juga akan berputar. ”Sehingga, pergerakan ekonomi yang libatkan UMKM akan terjadi,” sambungnya.

Dirut PDTS Khairul Anwar memastikan, prokes bakal berjalan dengan ketat dan disiplin. Untuk menjaga agar pengunjung tidak berkerumun, pihaknya menyiapkan 85 orang satgas internal. Mereka akan stand by di setiap sudut. Anggota satgas juga akan aktif berkelilin­g dengan sepeda untuk mengecek kepatuhan pengunjung melaksanak­an prokes.

Misalnya, tidak berkerumun, menjaga jarak, dan tetap memakai masker. ”Nanti satgas akan mobilisasi berdasar zona,” imbuh Khairul Anwar.

 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia