Jawa Pos

Siapa Bakal Menyusul Gethuk?

Pelatih Pertama yang Diberhenti­kan di BRI Liga 1

-

BANDUNG – Tangisan itu tak bisa ditahan Joko Susilo. Menangis bukan karena Persik Kediri hanya mampu bermain imbang melawan PS Sleman di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, kemarin (3/10). Pria yang akrab disapa Gethuk itu menangis karena laga tersebut adalah pertanding­an terakhirny­a bersama Persik.

Ya, beberapa jam sebelum kickoff, manajemen tim berjuluk Macan Putih itu secara mengejutka­n memberhent­ikan Gethuk sebagai pelatih kepala. ”Hari ini adalah pertanding­an terakhir coach Gethuk mendamping­i tim,” kata Presiden Persik Abdul Hakim Bafaqih.

Mantan pelatih Arema FC itu dinilai gagal. Satu kemenangan, dua hasil imbang, dan tiga kekalahan di seri pertama BRI Liga 1 2021–2022 membuat manajemen tidak bisa bekerja sama lagi dengan Gethuk. Apalagi, Persik bercokol di posisi ke16 klasemen sementara.

Sambil terbata-bata, Gethuk mengatakan rasa terima kasihnya. Baik kepada manajemen Persik maupun para pemain. ”Sangat luar biasa saya bisa diberi kesempatan untuk menangani Persik,” ucapnya.

Pelatih berusia 50 tahun itu menambahka­n, tidak ada masalah antara dirinya dan manajemen Persik. Dia juga legawa meskipun masih banyak target yang ingin dicapai bersama Persik. ”Di luar dan di dalam memang terlihat berbeda. Di dalam sangat harmonis, kami seperti keluarga,” ungkapnya.

Tapi, Gethuk mengungkap­kan, situasi itu tidak terlihat di luar. Banyak yang menganggap situasi dalam tim tidak harmonis. ”Di luar orang melihatnya sangat berbeda dengan apa yang terjadi sebenarnya,” lanjutnya.

Pemain Persik Risna Prahalaben­ta sedih atas kepergian Gethuk. Menurut dia, sang pelatih sudah memberikan banyak pelajaran kepadanya dan tim. ”Terima kasih, Coach, atas semua ilmunya,” tuturnya.

Gethuk merupakan pelatih pertama di BRI Liga 1 yang dipecat. Pelatih pertama yang harus hengkang akibat buruknya penampilan tim. Adapun lawan Persik kemarin sore, yakni PSS, belum juga memutuskan apakah memecat pelatihnya, Dejan Antonic.

Meskipun tagar #DejanOut terus diramaikan suporter PSS di media sosial, manajemen Super Elang Jawa bergeming.

BERPISAH:

Joko Susilo mengakhiri kebersamaa­n lebih cepat dengan Persik Kediri.

 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia