Jawa Pos

Delapan Jam demi Sekeping Emas

-

JAYAPURA – Pundi-pundi emas Jatim bertambah lima kemarin. Dua di antaranya datang dari cabang olahraga tenis. Tim tenis beregu putra dan putri sukses mengawinka­n medali emas. Hasil itu sekaligus mengulangi capaian PON XIX/2016.

Tim putra lebih dulu meraih emas. Mereka menang mudah dalam final yang digelar di Lapangan Sian Soor. Jatim menang 2-0 atas Bengkulu dalam tempo dua jam. ”Alhamdulil­lah, sudah sesuai target. Kami menang mudah karena main siang dan cuacanya panas. Tinggal adu taktik,” kata petenis putra Jatim M. Rifqy. Laga final memang digelar pukul 13.00.

Berbalik 180 derajat, tim putri Jatim kudu bekerja keras meraih emas. Tunggal putri Jatim Aldila Sutjiadi memang menang pada laga pertama kontra Fitriani Sabatini. Tapi, di laga kedua, petenis Jatim Beatrice Gumulya ditekuk DKI Jakarta.

Untung, pasangan Aldila/ Jessy Rompies menang 4-6, 6-2, 10-7 atas pasangan Fitriani/Fitriana Sabrina. Total, laga final tim putri berlangsun­g selama delapan jam.

”Tim putri agak kesulitan menang. Saya rasa itu karena ada beban untuk emas. Beruntung pemain kami sudah berpengala­man. Jadi, bisa tetap tenang dan meraih kemenangan,” ujar pelatih tenis Jatim Irmantara Subagio. Petenis putri Jatim Aldila mengaku laga kali ini menjadi pelajaran. ”Agar ke depan saya bisa tampil lebih baik,” kata perempuan 25 tahun itu.

Sayang, dua target emas Jatim lainnya meleset. Sepatu roda yang diharapkan menjadi kampiun di nomor time team trial 10.000 meter malah tidak maksimal. Jangankan emas, Jatim hanya finis di posisi keempat. Emas diraih kontingen Jakarta. Kegagalan itu diikuti taekwondo nomor poomsae.

Di Mimika, kekecewaan juga harus dirasakan kontingen Jatim. Kali ini dari cabor futsal. Di GOR SP2, Jatim menghadapi NTB dalam perebutan medali perunggu. Jatim harus menerima kekalahan telak dengan skor 1-5.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? PUKUL: Petenis putra Jatim M. Rifqy sukses berkontrib­usi medali emas.
ANGGER BONDAN/JAWA POS PUKUL: Petenis putra Jatim M. Rifqy sukses berkontrib­usi medali emas.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia