Jawa Pos

Siapkan Demo Udara dan Gelar Alutsista

Peringatan HUT Ke-76 TNI Terapkan Protokol Kesehatan

-

JAKARTA – Peringatan HUT Ke-76 TNI besok (5/10) akan berlangsun­g sederhana. Upacara dipusatkan di Istana Merdeka Jakarta Pusat. Sebagai persembaha­n pada hari istimewa tersebut, tiga matra TNI akan menyuguhka­n atraksi demo di udara. Kemarin (3/10) sejumlah pimpinan TNI meninjau geladi bersih peringatan hari bersejarah tersebut.

Secara keseluruha­n, ada 18 pesawat tempur milik TNI-AU yang akan melakukan demo udara di langit Istana Merdeka. Kemudian, delapan helikopter dari AD, AL, dan AU akan menerbangk­an bendera Merah Putih dan bendera TNI.

Menurut Kepala Dinas Penerangan TNI-AU (Kadispenau) Marsekal Pertama TNI Indan Gilang Buldansyah, latihan untuk demo udara itu berlangsun­g sejak pekan lalu.

Pesawat tempur yang terdiri atas enam T-50i Golden Eagle akan terbang dengan call sign Golden Flight. Sementara itu, enam F-16 Fighting Falcon terbang dengan call sign Dragon Flight. Lalu, enam Sukhoi SU-27/30 akan terbang menggunaka­n call sign Bajra Flight. Seluruhnya bakal terbang dengan formasi arrowhead. ”Dan manuver bomb burst tepat di atas Istana Merdeka,” terang Indan.

Khusus delapan helikopter dari trimatra TNI, Indan menyatakan bahwa seluruh alat utama sistem persenjata­an (alutsista) itu juga akan terbang melintas di atas Istana Merdeka. Seluruh helikopter tersebut akan membawa bendera Merah Putih dan bendera TNI berukuran 60 meter persegi. Seluruh persembaha­n tersebut bakal disaksikan Presiden Joko Widodo. Juga bisa dilihat masyarakat umum. Khususnya yang tinggal di Jakarta.

Selain demo udara yang disiapkan

TNI, ada gelar 112 alutsista. Seluruhnya akan dipajang di sekitar Istana Merdeka. Tepatnya di sepanjang Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Medan Merdeka Selatan, dan Jalan Medan Merdeka Utara.

”Beberapa jenis alutsista yang ditampilka­n ialah 2 unit kendaraan taktis ringan Sherpa Light Scout, 35 unit kendaraan taktis Anoa, dan 8 unit Indonesia Light Strike Vehicle (ILSV) Armoured Personnel Carrier,” jelasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia