Jawa Pos

Benahi Pasar untuk Pemulihan Ekonomi

Revitalisa­si Pasar Rakyat lewat Suntikan Modal Rp 9 Miliar ke PDPS

-

SURABAYA – Laju ekonomi pada masa pandemi memang berjalan lambat. Hal itu disebabkan sejumlah pembatasan yang diberlakuk­an pemerintah. Saat ini persebaran virus korona di Surabaya telah mereda. Melihat itu, dewan mendorong pemkot segera membangkit­kan kembali ekonomi yang mati suri.

Sejumlah gagasan untuk memacu perekonomi­an telah disampaika­n DPRD Surabaya. Salah satunya revitalisa­si pasar rakyat. Legislatif memiliki keyakinan bahwa lewat program itu, ekonomi di metropolis bisa kembali normal.

Ide itu disampaika­n Wakil Ketua Komisi B DPRD Surabaya Anas Karno. Menurut dia, pemulihan ekonomi harus menjadi program utama pemkot. Nah, salah satu langkah yang dilakukan adalah pembenahan pasar. ”Ibarat puzzle, revitalisa­si pasar salah satunya,” ucapnya.

Politikus PDIP itu membeberka­n sejumlah alasan perlunya pembenahan pasar. Pertama, pasar merupakan tempat perputaran uang di tingkat bawah. Terjadi transaksi antara penjual dan pembeli. Ketika aktivitas di pasar kembali ramai, kegiatan yang lain juga ikut hidup.

Poin kedua, revitalisa­si pasar bisa meningkatk­an kunjungan. Menurut Anas, saat ini pasar tradisiona­l kalah bersaing oleh pasar modern. Belum lagi gempuran minimarket. ”Karena belanja di toko modern jauh lebih nyaman,” tuturnya.

Gayung pun bersambut. Pemkot merencanak­an program revitalisa­si tiga pasar induk. Program tersebut sudah masuk dalam kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara (KUAPPAS). Saat ini dokumen itu tengah dibahas.

Tiga pasar induk tersebut adalah Pasar Keputran Utara, Pasar Pabean, serta Pasar Kembang. Pemkot menyiapkan alokasi anggaran. Totalnya mencapai Rp 9 miliar. Proyek infrastruk­tur itu berjalan tahun depan.

Kepala Bagian Administra­si Perekonomi­an dan Usaha Daerah Pemkot Surabaya Agus Hebi Djuniantor­o menjelaska­n, keputusan pembenahan tiga pasar induk itu sudah melewati berbagai pertimbang­an. Salah satunya kondisi pasar. Misalnya, Pasar Keputran Utara. Kondisi bangunan yang berlokasi di bantaran Kali Surabaya itu kurang mendukung. Pedagang kerap meluber ke jalan. Semakin sedikit pedagang yang mau berjualan di dalam pasar.

Kondisi serupa terlihat di Pasar Pabean. Kondisi pasar yang dikenal sebagai sentra ikan itu kumuh. Stan para pedagang ikan perlu dirapikan. Lain halnya dengan Pasar Kembang. Perbaikan tempat tersebut wajib dilakukan. Sebab, pasar itu baru saja dilalap si jago merah.

Hebi mengatakan, ada beberapa hal yang perlu dipersiapk­an dalam merevitali­sasi pasar. Salah satunya adalah perencanaa­n yang matang. Kedua, kemampuan anggaran untuk pembenahan. Pemkot menyiapkan dana Rp 9 miliar. ”Itu merupakan sisa dana penyertaan modal yang peruntukan­nya nanti untuk rantas revitalisa­si pasar,” jelasnya.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? PROGRAM PRIORITAS: Program revitalisa­si pasar berjalan tahun depan. Langkah itu dilakukan untuk membangkit­kan ekonomi.
FRIZAL/JAWA POS PROGRAM PRIORITAS: Program revitalisa­si pasar berjalan tahun depan. Langkah itu dilakukan untuk membangkit­kan ekonomi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia