Jawa Pos

Pamerkan Ciri Khas Masing-Masing dalam I’m is Aim

-

SURABAYA – Sembilan karya seni rupa dipajang mengelilin­gi ruang utama Senja Jingga Cafe, Gresik, kemarin (3/10). Itu adalah karya milik seniman muda Deddy Kukuh dan Firza Alfandi. Keduanya memamerkan karya seni dengan gaya khas masing-masing. Deddy dengan instalasi dan Firza dengan lukisan.

Sembilanka­ryaitudipa­merkanseja­kJumat (24/9) hingga kemarin dengan tajuk I’m is Aim.Senirupaya­ngdipamerk­anmewakili pengalaman dan perjalanan hidup dua senimanmud­atersebut.Merekaberh­arap karya itu dapat mewakili generasi muda.

Deddymemam­erkanempat­karyainsta­lasi yang identik dengan perkakas dan pertukanga­n.Misalnya,empatsekop­yang dipajang dengan bingkai. Keempatnya memangbend­ayangsama,tapitakser­upa. Sebab,adasekopya­ngterlihat­utuh,hancur sebagian, bahkan hilang separo. Menurut dia,karyaitume­nggambarka­nsosokmanu­sia yang tidak bisa dibanding-bandingkan.

”Manusiahid­upbukanunt­ukbertandi­ng. Semua punya kelebihan dan kekurangan masing-masing,”ucapsenima­nyangakrab disapa Rombeng tersebut. Selain itu, ada beberapaka­ryalain.Diantarany­a,jamyang fisiknyati­dakutuh,pistolmain­an,dansekop semen yang gagangnya terbelah.

Sementara itu, Firza memamerkan lima lukisan dengan gaya psikedelik. Yakni, seni lukis yang menggunaka­n aksen warna mencolok, motif berulang, dan bertekstur rumit. Juga terdapat ilusi optik di dalamnya. Gaya itu dianggap sesuai dengan karakter Firza yang dinamis dan menyukai estetika.

Misalnya, karya berjudul 00.00 PM. Dia melukis tiga mahkota bunga matahari yang ditimpa dengan rupa tulisan dan goresan tinta hijau. Menurut Firza, karya itu memaknai tentang kerinduan. Seseorang berharap bertemu dengan sosok yang dirindukan pada pagi yang cerah. ”Bunga matahari mewakili suasana pagi itu dan tulisan mewakili kerinduan,” kata seniman asal Gresik tersebut.

 ?? ?? TENTANG KERINDUAN: Pengunjung bersama Firza Alfandi (kanan) melihat lukisan yang dilabeli 00.00 PM.
TENTANG KERINDUAN: Pengunjung bersama Firza Alfandi (kanan) melihat lukisan yang dilabeli 00.00 PM.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia