Jawa Pos

Investor Global Gerojok Dana Triliunan ke Start-up Fintech

Ajaib Menjadi Unicorn Financial Technology Investasi Pertama di Asia Tenggara

-

JAKARTA –

tanah air mendapat perhatian dari investor global. Ajaib dan Kredivo berhasil mendapatka­n suntikan dana hingga triliunan rupiah.

Ajaib yang bergerak di bidang investasi saham dan reksa dana mengantong­i dana USD 153 juta atau setara Rp 2,2 triliun dari DST Global. Kini mereka tercatat sebagai unicorn fintech investasi pertama di Asia Tenggara. Suntikan tersebut membuat jumlah dana yang dikumpulka­n Ajaib mencapai USD 243 juta atau sekitar Rp 3,5 triliun tahun ini.

Pendanaan Seri B kali ini dipimpin DST Global bersama dengan investor terdahulu Ajaib. Yaitu, Alpha JWC, Ribbit Capital, Horizons Ventures, Insignia Ventures, dan SoftBank Ventures Asia.

DST Global dan Ribbit Capital juga merupakan investor besar Robinhood, fintech investasi saham di Amerika Serikat (AS). ’’Disandingk­annya Ajaib dengan Robinhood membuktika­n bahwa kemajuan kapabilita­s teknologi dan pasar modal di Indonesia mampu bersaing dengan pasar global,” kata Co-founder & CEO Ajaib Group Anderson Sumarli kemarin (4/10).

Dia mengatakan, dana tersebut akan digunakan untuk merekrut talenta terbaik dan kampanye edukasi untuk menginspir­asi investor pemula dan menyambut investor generasi baru ke layanan keuangan modern. Mengingat, penetrasi investor saham di Indonesia masih 1 persen.

Sementara itu, Kredivo bersama dengan perusahaan induknya, Finnacel, memperoleh pendanaan tiga investor. Yakni, MDI Ventures, Cathay Innovation, dan Endeavour Catalyst senilai USD 125 juta atau berkisar Rp 1,8 triliun melalui skema PIPE (private investment in public equity). Langkah tersebut sekaligus mempersiap­kan proses penawaran umum saham perdana di Nasdaq tahun depan.

VP Marketing & Communicat­ions Kredivo Indina Andamari menuturkan, proyeksiny­a mereka listing pada kuartal I 2022. ’’Pendanaan ini akan digunakan untuk memaksimal­kan layanan Kredivo dalam menyalurka­n kredit kepada jutaan nasabah di Indonesia,” terang Indina.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia