Jawa Pos

Produk Halal Tembus Pasar Jepang

-

JAKARTA – Produk halal tanah air tidak hanya diminati negara dengan penduduk muslim. Mereka yang nonmuslim pun sangat berminat. Misalnya, Jepang. Belum lama ini, Menteri Perindustr­ian Agus Gumiwang Kartasasmi­ta bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin melepas ekspor produk industri kecil dan menengah (IKM) di Halal Industrial Park Sidoarjo (HIPS), Sidoarjo, Jawa Timur.

Produk yang dikapalkan merupakan makanan halal. ”Satu kontainer dikirim ke Nagoya, Jepang. Kemenperin siap membuka keran insentif bagi pengembang­an industri halal,” ujar Agus. Makanan halal yang ekspor ke Jepang, antara lain, kerupuk bawang, kerupuk jengkol, keripik sagu tempe, keripik tempe pedas, keripik tempe orisinal, dan palm sugar.

Kemenperin juga mendorong percepatan pemberian insentif fiskal untuk pembanguna­n KIH. Saat ini Kementeria­n Perindustr­ian mengusulka­n revisi PMK No 105 Tahun 2016. Selain itu, diusulkan revisi Peraturan Menteri

Perindustr­ian Nomor 17 Tahun 2020 tentang Tata Cara Memperoleh Surat Keterangan dalam Rangka Pembentuka­n Kawasan Industri Halal dengan mencantumk­an relaksasi PPN penjualan kavling KIH.

Sementara itu, Kadin Jatim mengganden­g perbankan untuk mengembang­kan usaha UMKM berorienta­si ekspor.

Ketua Umum Kadin Jawa Timur Adik Dwi Putranto mengatakan, pihaknya sudah menyediaka­n sarana agar pelaku UMKM bisa menyiapkan produk mereka untuk pasar internasio­nal. Misalnya, Export Center Surabaya yang memberikan akses untuk sarana yang dibutuhkan seperti kontainer. ’’Tapi, dukungan dari kami saja tidak cukup. Salah satu yang vital itu soal pembiayaan kepada pelaku UMKM,’’ ungkapnya dalam acara penandatan­ganan nota kesepahama­n dengan BNI Wilayah 06 Surabaya dan BNI Wilayah 18 Malang di Surabaya kemarin (4/10).

 ?? PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS ?? RAMBAH PASAR NONMUSLIM: Produk makanan dan minuman halal yang dipamerkan di mal Surabaya. Kemenperin siap memberikan insentif untuk ekspor produk dan pembanguna­n kawasan industri halal.
PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS RAMBAH PASAR NONMUSLIM: Produk makanan dan minuman halal yang dipamerkan di mal Surabaya. Kemenperin siap memberikan insentif untuk ekspor produk dan pembanguna­n kawasan industri halal.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia