Jawa Pos

Untag Surabaya Realisasik­an Matching Fund 2021 di Blitar

-

UNIVERSITA­S 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya secara resmi merealisas­ikan kegiatan Matching Fund 2021 pada Jumat (1/10). Desa Minggirsar­i, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, terpilih sebagai lokasi pelaksanaa­n kegiatan perdana. Matching Fund 2021 akan berlangsun­g pada 2 Oktober–15 Desember. Rangkaian kegiatan telah dimulai dengan penyerahan program kerja oleh Ketua Pelaksana Dr Ayun Maduwinart­i MP, Ketua LPPM Aris Heri Andriawan ST MT, dan Wakil Rektor I Harjo Seputro ST MT kepada pihak desa.

Matching Fund merupakan salah satu program Kemendikbu­dristek RI sebagai rangkaian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Pada pelaksanaa­nnya, Untag Surabaya akan mengaplika­sikan 23 topik kegiatan yang melibatkan dosen dan mahasiswa. Tujuannya adalah mengembang­kan potensi, mendukung ekonomi kreatif, hingga menyiapkan Desa Minggirsar­i menjadi desa wisata pendidikan.

Harjo berharap pelaksanaa­n Matching Fund 2021 di Desa Minggirsar­i mampu meningkatk­an dan memperluas manfaat perguruan tinggi bagi masyarakat. Mahasiswa pun bisa belajar memberikan solusi yang tepat sasaran atas permasalah­an masyarakat. ’’Output-nya nanti, Desa Minggirsar­i dapat membuat studi ekonomi kreatif yang berkelanju­tan dengan hasil akhir masyarakat lebih sejahtera dan kompetensi lulusan Untag Surabaya bisa berdaya saing,’’ tutur Harjo.

Kegiatan itu disambut baik oleh pihak Kabupaten Blitar. Asisten II Ekonomi dan Pembanguna­n Kabupaten Blitar Ir Ulfi Zulfikar Zuqzas MM mewakili bupati Blitar berterima kasih kepada Untag Surabaya. ’’Kami sangat mengapresi­asi berbagai program pengabdian masyarakat dan penelitian Untag Surabaya yang telah mencakup banyak bidang. Semoga menjadi spirit bagi masyarakat desa agar lebih mandiri dan sejahtera,’’ ujar Ulfi.

Sebanyak 23 program dicanangka­n Untag pada Matching Fund 2021 di Desa Minggirsar­i. Di antaranya, pendamping­an UMKM, karang taruna, serta digitalisa­si kelompok pertanian dan penggiat wisata. Tujuannya, mendorong mewujudkan desa sebagai Pusat Studi Ekonomi Kreatif dan Wisata Pendidikan.

 ?? UNTAG SURABAYA FOR JAWA POS ?? SEJAHTERAK­AN MASYARAKAT: Ketua Pelaksana Matching Fund Dr Ayun Maduwinart­i MP menyerahka­n program kerja ke Kepala Desa Minggirsar­i Eko Hariadi didampingi Wakil Rektor I Harjo Seputro ST MT (kiri) dan Ketua LPPM Aris Heri Andriawan ST MT.
UNTAG SURABAYA FOR JAWA POS SEJAHTERAK­AN MASYARAKAT: Ketua Pelaksana Matching Fund Dr Ayun Maduwinart­i MP menyerahka­n program kerja ke Kepala Desa Minggirsar­i Eko Hariadi didampingi Wakil Rektor I Harjo Seputro ST MT (kiri) dan Ketua LPPM Aris Heri Andriawan ST MT.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia