Jawa Pos

Pertahanan Jadi Prioritas Pembenahan

-

JAKARTA – Enam kali main, 12 kali kebobolan. Itulah ’’prestasi’’ Persebaya di seri 1 BRI Liga 1 2021–2022. Atau, jika dirata-rata, gawang tim berjuluk Green Force itu selalu bobol dua kali dalam setiap pertanding­an. Dalam enam laga tersebut, gawang Persebaya juga tidak pernah clean sheet. Catatan yang buruk. Itulah PR besar yang harus dibereskan tim pelatih sebelum berlaga di seri 2. Pelatih Persebaya Aji Santoso pun sudah menegaskan bahwa evaluasi terbesar ada di barisan pertahanan. ’’Di setiap pertanding­an tidak pernah clean sheet. Jadi, harus ada perbaikan,’’ ucapnya. Menurut Aji, sering kali pemain tidak mampu mengantisi­pasi gol lawan yang banyak dari kesalahan sendiri. Komunikasi dan koordinasi antar pemain masih kurang padu.

Kemarin skuad Persebaya sudah tiba di Surabaya. ’’Rabu (6/10) kami mulai latihan lagi,’’ ungkapnya.

Aji mengaku belum akan langsung menggeber latihan berat pada Rabu besok. Dia hanya akan memberikan latihan ringan untuk mengembali­kan kondisi pemain. Mungkin program latihan untuk seri 2 BRI Liga 1 bakal dimulai Kamis (7/10).

Di seri 2 nanti, perjalanan Persebaya tetap tidakakanm­udah.Sebab,timmasihha­rustanpa kiper utama Satria Tama dan bek sayap Koko Ari. Keduanya masih harus menjalani proses penyembuha­n atas cedera yang dialami.

Sementara itu, empat pemain inti lainnya, yakni kiper Ernando Ari, Rachmat Irianto, Rizky Ridho, dan Ricky Kambuaya, masih bersama timnas Indonesia di Thailand. Masih akan menjalani pertanding­an babak playoff kualifikas­i Piala Asia melawan Taiwan pada 7 dan 11 Oktober.

 ?? SALMAN TOYIBI/JAWA POS ?? PENGALAMAN BERHARGA: Andhika Ramadhani menjalani debut di Liga 1 ketika Persebaya menghadapi PSIS Semarang (3/10).
SALMAN TOYIBI/JAWA POS PENGALAMAN BERHARGA: Andhika Ramadhani menjalani debut di Liga 1 ketika Persebaya menghadapi PSIS Semarang (3/10).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia