Jawa Pos

Berprestas­i di Muay Thai, Pastikan Tidak Akan Meninggalk­an Sepak Bola

M. Uchida Sudirman adalah sosok pesepak bola yang beda dengan kebanyakan pemain lain. Bahkan sangat berbeda. Mengapa? Karena bek muda Persija ini juga menekuni cabang olahraga muay thai dan berprestas­i.

- RIZKY AHMAD FAUZI,

Jakarta

NAMA M. Uchida Sudirman tercatat dalam skuad Persija Jakarta yang berlaga di BRI Liga 1 2021–2022. Namun, hingga seri pertama selesai, namanya tidak pernah muncul dalam susunan daftar pemain yang dimainkan Macan Kemayoran –julukan Persija Jakarta.

Padahal, beberapa pemain muda kerap dimainkan pelatih Angelo Alessio. Seperti Donny Tri Pamungkas yang belum genap berusia 17 tahun sudah tampil di Liga 1. Jangankan saat bertanding, saat latihan pun Uchida tak pernah kelihatan batang hidungnya.

Ke mana dia? Ternyata, pemain kelahiran Jakarta, 25 Maret 2003, itu sedang fokus menghadapi PON XX. Dan, pengorbana­nnya ’’cuti’’ dari Persija Jakarta tak sia-sia. Di PON Papua, dia berhasil meraih dua medali sekaligus. Yaitu, medali emas dan perunggu untuk kontingen DKI Jakarta. Medali emas dia persembahk­an di kelas seni waikru putra setelah menaklukka­n wakil Papua. Sedangkan medali perunggu didapat pada kelas fight -73 kg.

Uchida berterima kasih kepada manajemen tim Persija yang memberinya kelonggara­n untuk bisa berprestas­i di cabang bela diri itu. ’’Alhamdulil­lah saya bisa membalasny­a dengan prestasi. Mungkin bukan yang terbaik. Tapi, saya sudah berusaha maksimal,” tuturnya kemarin.

Setelah menuntaska­n perjuangan di PON dan mengakhiri­nya dengan dua medali, Uchida langsung bersiap untuk bergabung dengan skuad Macan Kemayoran dalam persiapan menuju seri 2 Liga 1 yang berlangsun­g mulai pertengaha­n Oktober. ’’Saya menunggu instruksi dari manajemen terkait jadwal latihan. Yang pasti, saya sudah siap setelah PON ini,” ucap pemain yang masuk dalam daftar pemain yang dipanggil Shin Tae-yong untuk mengikuti pemusatan latihan timnas U-18 itu.

Prestasi Uchida tak hanya dicatatkan di level PON. Sebelumnya, Uchida juga tampil di SEA Games 2019 Filipina dan sukses meraih medali perunggu di nomor waikru putra.

Meski berprestas­i di muay thai, Uchida memastikan tak akan meninggalk­an sepak bola. Terlebih, kini dia sudah menjadi bagian dari 34 pemain Persija untuk BRI Liga 1 2021–2022.’’Pastinya,dengansaya­bergabung di skuad utama Persija, bisa jadi pemberat ke mana saya akan berkarier,’’ bebernya.

Mungkin, lanjut dia, 3–5 tahun ke depan dirinya akan lebih fokus untuk menggapai tujuannya di sepak bola. Sebab, ada berbagai kejuaraan bergengsi seperti Piala Dunia U-20 2023. ’’Saya ingin menjadi bagian dari itu,” kata jebolan timnas U-16 tersebut.

BAKAT BESAR: M. Uchida Sudirman berprestas­i di dua cabang olahraga. Yaitu, muay thai dan sepak bola.

 ?? TIM MEDIA PERSIJA ??
TIM MEDIA PERSIJA

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia