Jawa Pos

Angkut 3.047 Meter Kubik Lumpur Selama Satu Bulan

Optimistis Pengerukan Tuntas Akhir Oktober

-

SURABAYA – Dinas pekerjaan umum bina marga dan pematusan (DPUBMP) harus bekerja ekstrakera­s untuk menyelesai­kan pengerukan sedimen di wilayah Sememi hingga Babat Jerawat. Hingga kemarin (4/10), total endapan lumpur yang harus diangkut mencapai 5.250 meter kubik. Dari jumlah itu, ada 3.047 meter kubik sedimen dari dalam saluran yang mendominas­i.

Kepala Bidang Pematusan DPUBMP Eko Juli menyatakan, pengerukan sedimen tersebut bakal dikebut. Sebab, panjang saluran yang harus dibersihka­n mencapai 750 meter. Ditargetka­n, pengerukan harus selesai dalam 60 hari terhitung sejak 1 September. Jadi, pada November mendatang, jalur Sememi hingga Babat Jerawat bisa normal dilalui kendaraan atau tidak lagi menyempit seperti saat pembersiha­n dilakukan.

Untuk mengebut pengerjaan, DPUBMP menerjunka­n empat alat berat. Fungsinya, mengangkut sedimen yang sudah dikeruk dari dalam saluran. Ada pula satu mobil kombi yang berfungsi menyedot lumpur di dalam box culvert. ”Kami kerja keras menjelang musim hujan,” katanya.

Untuk sementara, tim satgas pematusan masih berfokus membersihk­an saluran di sisi barat. Setelah itu, satgas lapangan yang diturunkan akan digeser ke sisi timur. Terhitung mulai Sememi sampai Banyu Urip. ”Dowo banget. Jadi, ini kami kebut,” ujarnya.

Eko mengungkap­kan, tidak tertutup kemungkina­n pihaknya akan menambah jumlah alat berat. Sebab, wali kota mengingink­an saluran itu dibersihka­n sebelum hujan turun. Dengan begitu, potensi terjadinya banjir ketika musim hujan nanti bisa ditekan. ”Kami mulai antisipasi sejak awal. Jadi, ketika hujan turun, saluran yang sudah dibersihka­n sudah siap menampung dan mengalirka­n air,” terangnya.

Eko optimistis pekerjaan yang ditargetka­n tuntas dalam waktu 60 hari itu bisa selesai tepat waktu. Sebab, hingga saat ini jumlah sedimen yang telah diangkut dari dalam saluran lebih dari 50 persen. ”Kurang sitik. Kami yakin selesai akhir bulan ini,” tandasnya.

 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? LANCARKAN ALIRAN AIR: Alat berat mengeruk endapan lumpur di dalam box culvert ruas Babat Jerawat kemarin (4/10).
ALFIAN RIZAL/JAWA POS LANCARKAN ALIRAN AIR: Alat berat mengeruk endapan lumpur di dalam box culvert ruas Babat Jerawat kemarin (4/10).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia