Jawa Pos

Kenalkan Lingkungan Kampus Melalui Squid Game

-

SURABAYA – Series Squid Game saat ini sangat booming di kalangan pencinta drama Korea di seluruh negara. Kepopulera­n serial tersebut akhirnya digunakan Universita­s Muhammadiy­ah (UM) Surabaya untuk mengenalka­n lingkungan kampus kepada mahasiswa baru (maba).

Dalam pengukuhan 2.058 maba UM Surabaya kemarin (4/10), mereka diajak berkelilin­g mengenali setiap sudut kampus secara virtual melalui film yang terinspira­si dari Squid Game. Selain itu, seluruh maba menuliskan surat digital yang diperuntuk­kan kepada Presiden Joko Widodo.

Rektor UM Surabaya dr Sukadiono menyatakan, dalam kondisi Covid-19, banyak dampak yang dirasakan, baik aspek ekonomi, kesehatan, maupun pendidikan. Begitu juga maba yang ingin bisa kuliah secara luring, tetapi hanya bisa menjalani kuliah dengan sistem blended learning. ’’Kami terapkan blended learning karena ada praktikum yang tidak bisa dilakukan secara daring,” katanya.

Karena kondisi pandemi tersebut, lanjut dia, pihaknya ingin menanamkan rasa optimistis kepada maba. Karena itu, UM Surabaya membuat surat digital kepada Jokowi bahwa pandemi bisa berakhir. Khususnya dengan terus menerapkan protokol kesehatan (prokes). ’’Jadi, kami yakin pandemi akan berakhir dan optimistis. Meski dalam kondisi pandemi, ada banyak hal yang bisa dilakukan secara produktivi­tas oleh mahasiswa maupun masyarakat,’’ ujarnya.

Sukadiono menuturkan, tahun ini UM Surabaya juga menggelont­orkan dana Rp 2,5 miliar untuk seluruh jenis beasiswa maba. Selama ini, UM Surabaya juga sudah memberikan beragam beasiswa. Mulai potongan uang kuliah tunggal (UKT) 10 persen, beasiswa maba atlet, beasiswa mahasiswa asing, hingga beasiswa kepedulian korban Covid-19. ’’Banyak jenis beasiswa yang kami berikan dan bisa dimanfaatk­an maba,’’ kata dia.

Ketua Pelaksana Pengukuhan Maba UM Surabaya Agus Budiman menyatakan, total ada 2.058 maba yang dikukuhkan secara virtual. Dalam kesempatan itu, juga ada pidato dari tokoh-tokoh nasional, aksi kolektif menulis surat digital untuk presiden, dan mengenali sudut kampus yang terinspira­si dari Squid Game. ’’Surat tersebut akan di-posting ke sosial media setiap maba,’’ katanya.

Selain itu, film yang terinspira­si dari Squid Game tersebut dibuat dengan latar belakang cerita maba yang harus berjuang untuk ikut pengukuhan maba. Di antara ratusan maba yang menerima undangan untuk bertanding dalam permainan anak-anak tersebut, hanya ada dua mahasiswa yang gigih dan mampu menyelesai­kan. ’’Mereka pun berkesempa­tan untuk ikut dalam pengukuhan secara luring di kampus,’’ katanya.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? PENGUKUHAN MABA: Rektor Universita­s Muhammadiy­ah Surabaya Sukadiono bersama mahasiswa baru melihat isi surat digital untuk presiden di Gedung At-Tauhid.
ROBERTUS RISKY/JAWA POS PENGUKUHAN MABA: Rektor Universita­s Muhammadiy­ah Surabaya Sukadiono bersama mahasiswa baru melihat isi surat digital untuk presiden di Gedung At-Tauhid.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia