Jawa Pos

Tabebuya Mekar Hiasi Jalanan Sidoarjo

-

SIDOARJO – Ratusan pohon tabebuya di Sidoarjo mulai bermekaran. Bukan hanya di taman-taman besar, deretan tabebuya yang menunjukka­n kecantikan­nya juga tampak di jalan-jalan protokol Sidoarjo. Di antaranya, di sepanjang Jalan Jenggolo. Juga di Jalan KH Ali Mas’ud dan Jalan Gajahmada, Sidoarjo.

’’Bagus sih, nggak kalah dengan Surabaya,’’ ujar Nia Sintia, warga yang sempat selfie di bawah deretan pohon tabebuya di Jalan KH Ali Mas’ud. Di media sosial, beberapa posting-an juga menampilka­n foto tabebuya yang bermekaran di Sidoarjo. Pohon tersebut setiap tahun mekar. Biasanya, tiap kemarau menjelang musim hujan. Saat musim hujan, bunga mulai rontok hingga akhirnya tinggal daunnya.

Di Sidoarjo, tabebuya ditanam sejak 10 tahun yang lalu. Diawali penanaman di Jalan Gajah Mada. Jalan tersebut dipilih karena ada kompleks pertokoan dan sentra kuliner. Dengan demikian, tidak hanya mempercant­ik suasana ala-ala bunga sakura di Jepang, tetapi juga membuat pengunjung yang berbelanja merasa lebih teduh. Pohon tabebuya juga punya kelebihan seperti akarnya yang cocok untuk ditanam di pinggir jalan karena tidak merusak jalan atau dinding dan struktur bangunan.

Setelah di Gajah Mada, sekitar 250 pohon ditanam di Jalan KH Ali Mas’ud sejak jalan tersebut dibangun pada 2017. Di jalan tersebut, rata-rata pohon berbunga warna pink. Kepala Bidang (Kabid) Pertamanan dan PJU Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Edy Sutiono menyebutka­n, upaya mempercant­ik tatanan kota terus dilakukan.

Akhir tahun ini, DLHK juga akan menambah tanaman untuk memperinda­ng taman. Baik taman besar maupun median dan pinggiran jalan. ’’Pohon dan bunga yang rusak atau mati kami ganti yang baru,’’ katanya. Tim kepras pohon juga bertugas rutin untuk memantau dan melakukan pengeprasa­n setiap pohon yang ada di Sidoarjo. Terutama kondisi pohon yang menghalang­i jalan, yang membahayak­an atau rawan tumbang.

 ?? DIMAS MAULANA/JAWA POS ?? JADI SPOT SELFIE: Bunga tabebuya bermekaran di kawasan Jalan Jenggolo kemarin (4/10). Bunga bernama Latin Handroanth­us chrysotric­hus itu menarik perhatian warga untuk berfoto.
DIMAS MAULANA/JAWA POS JADI SPOT SELFIE: Bunga tabebuya bermekaran di kawasan Jalan Jenggolo kemarin (4/10). Bunga bernama Latin Handroanth­us chrysotric­hus itu menarik perhatian warga untuk berfoto.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia