Jawa Pos

Layanan Swab Antigen Peserta CPNS Berakhir

-

SIDOARJO – Fasilitas tes swab antigen gratis bagi warga Sidoarjo yang menjadi peserta tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) berakhir kemarin (4/9). Pada hari terakhir, ada 110 warga yang menjalani uji usap di GOR Delta. Hasilnya, 109 orang dinyatakan negatif Covid-19. Hanya satu peserta yang hasil uji usapnya positif.

Sekretaris Dinkes Sidoarjo dr Zuhaida menyatakan, setiap hari pihaknya menyediaka­n kuota sebanyak 300. Tapi, tidak semua kuota selalu terpenuhi. ’’Kegiatan ini sudah kami lakukan sejak 7 September lalu. Sekitar tiga ribu warga yang mengikuti swab antigen selama ini,’’ kata Zuhaida. Mereka merupakan warga Kota Delta yang menjadi peserta seleksi CPNS.

Mereka tidak hanya menjadi peserta CPNS di Sidoarjo. Tapi, juga peserta

CPNS di wilayah lain seperti Mojokerto maupun Surabaya. Bahkan, banyak peserta CPNS di lembaga pusat yang juga memanfaatk­an swab antigen gratis tersebut. Asalkan mereka memenuhi syarat. Yakni, merupakan warga Sidoarjo yang dibuktikan dengan kartu tanda penduduk (KTP).

’’Para peseta uji swab antigen juga diminta untuk menunjukka­n bukti atau tanda kepesertaa­n ujian CPNS,’’ lanjut Zuhaida. Sebelum tes dilaksanak­an pada pukul 08.00, para peserta sudah tiba di tempat uji swab antigen. Pada pukul 10.00, lokasi swab antigen mulai sepi. Tidak tampak lagi antrean warga yang ingin di-swab.

Begitu datang, peserta langsung ke bagian pendaftara­n dengan menunjukka­n syarat uji swab. Kemudian, mereka menuju tempat pengambila­n sampel. Tidak sampai lima menit uji usap selesai dilakukan. Sampel hanya diambil dari satu lubang hidung.

Lovinna Dinda P., salah seorang peserta, mengakui kecepatan proses pemeriksaa­n swab. Warga Sidoarjo yang mendaftar CPNS di Mojokerto itu mengaku sudah dua kali menjalani uji swab. ’’Rasanya masih kaget waktu diambil sampelnya,’’ ujarnya. Setelah petugas mengambil sampel, para peserta diminta menunggu hasilnya sekitar 30 menit.

 ?? ??
 ?? DIMAS MAULANA/JAWA POS ?? HARI TERAKHIR: Salah seorang peserta seleksi CPNS menjalani tes swab antigen gratis di GOR Sidoarjo sebagai syarat mengikuti seleksi kemarin.
DIMAS MAULANA/JAWA POS HARI TERAKHIR: Salah seorang peserta seleksi CPNS menjalani tes swab antigen gratis di GOR Sidoarjo sebagai syarat mengikuti seleksi kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia