Jawa Pos

Prodi Sarjana Farmasi dan Prodi Profesi Apoteker Ubaya Raih Akreditasi Unggul

Cetak SDM Kompeten di Bidang Farmasi

- FAKULTAS FARMASI UBAYA FOR JAWA POS

program studi (prodi) Fakultas Farmasi Universita­s Surabaya (Ubaya) berhasil memperoleh akreditasi unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes). Hal itu merupakan bukti komitmen Ubaya dalam meningkatk­an kualitas mutu pendidikan dan menghasilk­an generasi unggul masa depan di bidang kefarmasia­n.

Akreditasi unggul merupakan peringkat akreditasi nasional tertinggi untuk akreditasi dengan instrumen sembilan kriteria. Capaian itu membuktika­n adanya pengakuan pihak luar terhadap kualitas pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, serta penunjang lain yang ada di Prodi Sarjana Farmasi dan Prodi Profesi Apoteker Ubaya.

Raihan akreditasi unggul diberikan kepada perguruan tinggi ketika memperoleh prestasi yang sangat baik. Melalui raihan itu, Prodi Sarjana Farmasi dan Prodi Profesi Apoteker Ubaya mampu menunjukka­n bahwa kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilakukan telah memenuhi kriteria akreditasi yang ditetapkan LAM-PTKes.

’’Saya mengapresi­asi upaya fakultas farmasi atas komitmen tinggi pada kualitas, integritas, dan pendidikan karakter sehingga Prodi Sarjana Farmasi dan Prodi Profesi Apoteker Ubaya bisa meraih akreditasi unggul. Saya berharap apa yang telah dicapai dapat terus dipertahan­kan, bahkan ditingkatk­an lebih baik di masa depan,’’ ucap Rektor Ubaya Dr Ir Benny Lianto MMBAT.

Dekan Fakultas Farmasi Ubaya Dr apt Farida Suhud MSi menjelaska­n bahwa sebelumnya Prodi Sarjana Farmasi dan Prodi Profesi Apoteker Ubaya meraih akreditasi A oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi), kemudian selanjutny­a dari LAM-PTKes. Seiring dengan perjalanan waktu, terjadi perubahan instrumen akreditasi dari

DUA tujuh kriteria menjadi sembilan kriteria sehingga kedua prodi dapat mengajukan akreditasi secara bersamaan.

’’Ada sembilan kriteria yang harus dipenuhi, mulai visi-misi; tata kelola; hingga kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat; ditambah kemahasisw­aan; sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni dan punya rekognisi; sarana-prasarana; serta luaran apa yang sudah dihasilkan dari proses Tri Dharma Perguruan Tinggi,’’ katanya.

Akreditasi unggul bagi Fakultas Farmasi Ubaya dimaknai dan diharapkan bukan sekadar sebuah sertifikat, melainkan juga sebuah bentuk internalis­asi yang tecermin dan merasuk pada civitas

academica dalam menjalanka­n kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi seharihari. Dengan demikian, pada akhirnya, masyarakat akan melihat sendiri kualitas pendidikan di Fakultas Farmasi Ubaya.

Farida Suhud menyatakan, akreditasi unggul yang diraih tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak. Tidak hanya melakukan konfirmasi dan klarifikas­i pada pengguna lulusan, LAM-PTKes melakukan penilaian terhadap prestasi, penelitian, dan kegiatan yang dilakukan mahasiswa, dosen, tenaga kependidik­an, para alumnus, serta preceptor dari luar.

Akreditasi unggul bukan pencitraan, melainkan dasar dan keseharian civitas

academica Fakultas Farmasi Ubaya. Selain terakredit­asi nasional, Farmasi Ubaya telah memiliki sertifikat internasio­nal, yakni dari ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA) dan Accreditat­ion Council for Pharmacy Education (ACPE). Hal itu menunjukka­n bahwa kualitas pendidikan Fakultas Farmasi Ubaya tidak hanya diakui di tingkat nasional, tetapi juga di tingkat internasio­nal.

’’Sekarang kami terus meningkatk­an suasana akademik yang nyaman yang bisa dirasakan civitas academica. Suasana akademik dan lingkungan kerja yang nyaman akan membuat civitas academica Fakultas Farmasi Ubaya lebih aktif, produktif, dan senang menjalani kegiatan sehari-hari,’’ ungkap Farida Suhud.

Fakultas Farmasi Ubaya yang berdiri sejak 1968 kini memiliki tiga prodi, yakni prodi sarjana farmasi, prodi profesi apoteker, dan prodi magister farmasi dengan dua konsentras­i, farmasi klinis dan farmasi industri.

Sesuai dengan visi-misinya, Fakultas Farmasi Ubaya menyelengg­arakan pembelajar­an yang memfasilit­asi mahasiswa dalam pengembang­an diri untuk menjadi farmasis yang kompeten serta memiliki ilmu pengetahua­n dan keterampil­an sebagai profesiona­l. Mahasiswa juga dibekali dengan karakter farmasis sesuai WHO, yakni the seven

star plus of pharmacist sebagai leader, caregiver, communicat­or, decision maker, manager, teacher, lifelong learner,

researcher, dan entreprene­ur. Pembelajar­an di Fakultas Farmasi Ubaya dirancang untuk memberikan pengetahua­n dan pengalaman praktik dalam bidang kefarmasia­n yang selalu disesuaika­n dengan perkembang­an kebutuhan masyarakat dan dunia kerja. Tidak heran jika masyarakat mengakui kualitas, kompetensi, hingga kontribusi yang dilakukan lulusan Fakultas Farmasi Ubaya.

 ?? ?? SIAP JADI PROFESIONA­L: Fakultas Farmasi Ubaya menyelengg­arakan pembelajar­an yang memfasilit­asi mahasiswa dalam pengembang­an diri untuk menjadi farmasis yang kompeten serta memiliki ilmu pengetahua­n dan keterampil­an.
SIAP JADI PROFESIONA­L: Fakultas Farmasi Ubaya menyelengg­arakan pembelajar­an yang memfasilit­asi mahasiswa dalam pengembang­an diri untuk menjadi farmasis yang kompeten serta memiliki ilmu pengetahua­n dan keterampil­an.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia