Jawa Pos

Akan Tahan Pemain ke Timnas

-

SURABAYA – Persebaya Surabaya merasa banyak dirugikan dengan pemanggila­n pemain ke timnas Indonesia. Sebab, pemanggila­n berbarenga­n dengan pertanding­an kompetisi. Apalagi, Green Force –julukan Persebaya– harus kehilangan empat pemain sekaligus ketika melawan PSIS Semarang (3/10) lantaran harus bergabung dengan timnas.

Karena itu, di seri kedua, Persebaya berpikir untuk menahan pemain jika ada panggilan dari timnas. Bukan tidak mau mendukung timnas. Namun, hal itu dilakukan sebagai kritik atas pembuatan jadwal oleh PT LIB dan PSSI. ’’Ini kan sebetulnya persoalan sederhana,” ujar pelatih Persebaya

Aji Santoso. ’’Bagaimana ada sinkronisa­si jadwal antara timnas dan kompetisi. Bukan seperti ini. Dua-duanya jalan.

Klub yang dirugikan. Sudah begitu, ada perlakuan yang mencederai sportivita­s,’’ imbuhnya.

Perlakuan yang mencederai sportivita­s? Yang dimaksud Aji adalah adanya pemain yang ternyata bisa ditahan oleh klub di Liga 1 ketika pemanggila­n ke timnas. Itu merujuk Johan Alfarizi.

Kapten Arema FC tersebut diketahui sebelumnya dipanggil timnas bersamaan dengan empat pemain Persebaya. Tapi, dengan alasan terkena flu, Alfarizi tidak dibawa serta ke Buriram untuk menghadapi Taiwan dalam playoff kualifikas­i Piala Asia. Tapi anehnya, pemain yang pernah memperkuat Persija Jakarta itu dimainkan ketika Arema FC melawan Persela Lamongan (3/10).

Ketika itu, Arema yang sangat butuh kemenangan menang telak 3-0. ’’Kami meminta penundaan (jadwal pertanding­an melawan PSIS) tidak bisa. Tapi, di sisi lain, ada kejadian seperti itu. Bagaimana ini bisa dijelaskan?’’ ucap Aji. ’’Kalau mereka bisa dan boleh, kenapa kami tidak?’’ lanjut mantan pelatih timnas tersebut.

Seperti diketahui, saat ini ada empat pemain Persebaya yang bergabung dengan timnas. Yakni, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Rizky Ridho, dan Ernando Ari Sutaryadi. Keempatnya akan bertanding hari ini dan 11 Oktober melawan Taiwan.

Selepas melawan Taiwan, keempat pemain bisa saja tidak kembali ke Persebaya. Sebab, pelatih timnas Shin Tae-yong berencana melanjutka­n training camp (TC) di Tajikistan pada 13–31 Oktober mendatang.

Sejauh ini, baru ada dua pemain Persebaya yang sudah mendapat panggilan resmi untuk TC tersebut. Yakni, Rachmat Irianto dan Ernando Ari. Sangat mungkin Rizky Ridho juga dipanggil.

Rencananya, untuk TC itulah Persebaya akan menahan pemainnya. Tidak akan melepas dulu ke timnas. ’’Nanti kami minta balik dulu. Kami membutuhka­n tenaga mereka di kompetisi,’’ tegas Aji.

 ?? PERSEBAYA SURABAYA ?? OPTIMISTIS: Aji Santoso percaya diri Persebaya Surabaya bisa meraih hasil yang lebih baik di seri kedua BRI Liga 1 2021–2022.
PERSEBAYA SURABAYA OPTIMISTIS: Aji Santoso percaya diri Persebaya Surabaya bisa meraih hasil yang lebih baik di seri kedua BRI Liga 1 2021–2022.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia