Jawa Pos

Tak Ada Alasan, Wajib Menang!

-

BURIRAM – Kapasitas Shin Taeyong (STY) sebagai pelatih timnas Indonesia dipertaruh­kan saat menghadapi Taiwan dalam playoff kualifikas­i Piala Asia 2023 yang berlangsun­g di Stadion Chang Arena, Buriram, Thailand, hari ini (7/10) dan 11 Oktober nanti.

Sejak menangani Indonesia, STY belum berhasil mempersemb­ahkan kemenangan bagi timnas. Dalam lima laga terakhir yang dijalani, hasilnya pun cukup buruk. Yaitu, sekali seri dan empat kali kalah. Kekalahan terbesar ditelan saat melawan Uni Emirat Arab dengan skor 0-5 saat kualifikas­i Piala Dunia 2022 grup G.

Karena itu, laga melawan Taiwan menjadi ajang pembuktian bagi STY meski secara ranking lawan lebih unggul dengan 151 berbanding 175 untuk Indonesia. STY optimistis skuadnya bisa menaklukka­n Taiwan. Mantan pelatih timnas Korsel itu menganggap laga melawan Taiwan sangat penting untuk bisa dimenangka­n. STY percaya diri persiapan yang dimiliki menjadi modal baik untuk meraih hasil positif di leg pertama. Dia menyebutka­n bahwa tim sudah latihan fisik dan teknik. ’’Kondisi pemain sangat baik,’’ katanya dalam konferensi pers kemarin.

Timnas sendiri memiliki keuntungan jelang lawan Taiwan. Yang mana, tim lawan tidak dalam komposisi terbaik lantaran adanya kasus indisiplin­er pada 21 Agustus dan 11 September lalu. Buntutnya, enam pemain seperti Chen Haowei, Bai Shaoyu, Duan Zhu, Li Xiangwei, Lin Mingwei, dan You Jiahuang dihukum. Pelatih Wang Jiangzhong juga terkena hukuman karena sengaja tidak melaporkan tindakan indisiplin­er yang dilakukan para pemainnya.

Namun, STY tidak menilai masalah yang menimpa lawan menjadi keuntungan. Sama seperti Indonesia, Taiwan bakal mengerahka­n seluruh kemampuan untuk bisa menang. ’’Jadi, masalah lawan tidak ada arti bagi kami. Karena lawan sudah jauh-jauh ke Thailand juga mau menang. Apa yang terjadi di luar tidak pengaruh,’’ katanya.

Kapten tim Evan Dimas menilai, laga melawan Taiwan sangat penting bagi skuad Garuda untuk membuka jalan agar bisa lolos ke Piala Asia 2023. ’’Saya sebagai pemain sangat siap untuk mengaplika­sikan instruksi yang diberikan coach Shin. Tidak ada pilihan lain selain menang,’’ tegasnya.

 ?? ?? KREATOR SERANGAN: Evan Dimas berjanji dirinya dan kolega akan memberikan yang terbaik saat melawan Taiwan.
KREATOR SERANGAN: Evan Dimas berjanji dirinya dan kolega akan memberikan yang terbaik saat melawan Taiwan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia