Jawa Pos

Pembanguna­n Tempat Pengelolaa­n Limbah B3 Molor

Anggaran Dialihkan karena Pandemi

-

SURABAYA – Belum ada kejelasan terkait kelanjutan pembanguna­n tempat pengelolaa­n limbah B3 (bahan berbahaya dan beracun) di Tambak Osowilangu­n. Proyek yang direncanak­an sejak 2019 itu mandek lantaran pandemi Covid-19. Padahal, perizinan di Kementeria­n Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sudah diproses.

Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH)

Anna Fajriatin mengatakan, proyek itu sejatinya direalisas­ikan pada 2020. Namun, pada tahun tersebut, pandemi melanda.

Pemkot sudah menyiapkan lahan. Luasnya 1,5 hektare. Lokasinya tidak jauh dari TPS 3R (tempat pembuangan sampah sementara reduce, reuse, recycle). Administra­si yang dibutuhkan untuk membangun tempat pengelolaa­n limbah B3 itu juga sudah siap.

Hingga saat ini, proses perizinan masih jalan di KLHK. Berkasberk­as yang masuk sedang diproses. Namun, pemkot tidak bisa berbuat banyak meski nanti izin dari kementeria­n terkait keluar. ’’Karena tidak ada anggaranny­a. Jadi, belum bisa dibangun,” kata Anna.

Mantan camat Jambangan dan Gunung Anyar itu menambahka­n, tempat pengelolaa­n limbah B3 tersebut dibutuhkan untuk menampung dan mengolah limbah-limbah B3 nonmedis. Mulai bekas baterai, lampu, hingga layar LED televisi. ’’Kalau limbah medis, urusannya ikut di dinas kesehatan,” terangnya.

Apakah dibangun tahun depan? Anna belum bisa memastikan. Sebab, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2022 masih dalam pembahasan. Hari ini (7/10) kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara (KUAPPAS) baru disahkan. Ada kemungkina­n APBD 2022 dibahas pertengaha­n bulan ini. ’’Nanti kita lihat apakah memungkink­an dianggarka­n tahun depan atau bagaimana. Sebab, tahun depan kita fokus program di pemulihan ekonomi,” jelasnya.

 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? TERPAKSA MANDEK: Kendaraan melintas di lokasi yang disediakan pemkot untuk tempat pengelolaa­n limbah B3 di kawasan Tambak Osowilangu­n.
ALFIAN RIZAL/JAWA POS TERPAKSA MANDEK: Kendaraan melintas di lokasi yang disediakan pemkot untuk tempat pengelolaa­n limbah B3 di kawasan Tambak Osowilangu­n.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia