Jawa Pos

Gelar Vaksinasi di Tempat Ibadah

-

SURABAYA – Serbuan vaksinasi di rumah ibadah diadakan kemarin (6/10). Kegiatan itu berlangsun­g di dua lokasi sekaligus, yakni di Masjid Al Akbar dan Gereja Katolik Paroki Sakramen Mahakudus. Sasarannya adalah masyarakat umum dan para pelajar. Total, lebih dari 3.000 dosis vaksin disiapkan. Baik untuk dosis pertama maupun kedua. Upaya itu bertujuan untuk percepatan vaksinasi di Surabaya Raya.

Vaksinasi di tempat ibadah merupakan kerja sama Polrestabe­s Surabaya dengan pengelola tempat ibadah. ”Sebagian besar peserta vaksinasi adalah pelajar,” kata Helmy M. Noor, humas Masjid Al Akbar Surabaya.

Dia menyebutka­n, 1.750 dosis vaksin disediakan. Antusiasme warga juga sangat tinggi. Sampai saat ini, sudah tiga kali serbuan vaksinasi diselengga­rakan di Masjid Al Akbar. Dulu sasarannya adalah para marbot dan pengurus masjid. Kemudian, target berikutnya adalah masyarakat umum, termasuk pelajar.

Serbuan vaksinasi juga dilakukan di Gereja Katolik Paroki Sakramen Mahakudus, Pagesangan, Jambangan. Di sana penyuntika­n vaksin dosis pertama dan kedua berjalan. ”Tapi, utamanya untuk dosis kedua,” ujar Humas Gereja Katolik Paroki Sakramen Mahakudus Nugroho Lebdobunto­ro kemarin.

Ada 1.562 dosis pertama yang disediakan. Nugroho menyatakan bahwa sasarannya adalah umat dan masyarakat umum. Perinciann­ya, 600 dosis diperuntuk­kan umat dan sisanya untuk masyarakat umum. ”Tidak ada syarat. Semua bisa asal bawa kartu identitas,” jelasnya.

Dalam vaksinasi di balai paroki itu, panitia juga menyuguhka­n hiburan gamelan. Menurut dia, serbuan vaksinasi di tempat ibadah tidak hanya bertujuan untuk percepatan vaksinasi. Tetapi juga untuk kerukunan umat beragama. Sebab, semua orang bisa ikut. Bukan hanya jemaat.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? PERCEPAT HERD IMMUNITY: Salah seorang warga divaksin di Masjid Al Akbar kemarin.
DIPTA WAHYU/JAWA POS PERCEPAT HERD IMMUNITY: Salah seorang warga divaksin di Masjid Al Akbar kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia