Jawa Pos

Miliki Alat Skrining NAT, Darah Lebih Aman

-

SIDOARJO – Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (UTD PMI) Sidoarjo kini memiliki alat untuk pemeriksaa­n nucleic acid test (NAT). Alat baru tersebut dioperasik­an sejak akhir bulan lalu. Alat pemberian Kementeria­n Kesehatan (Kemenkes) itu berfungsi untuk mengetahui darah seseorang mengandung virus dan bakteri atau tidak.

Yang dicek terutama virus hepatitis A, B, hingga HIV/AIDS. Serta penyakit sifilis yang disebabkan bakteri. ”Skrining melalui NAT ini bertujuan meningkatk­an keamanan darah sebelum darah ditransfus­ikan kepada orang lain,” jelas Ketua PMI Sidoarjo Achmad Zaini kemarin (6/10).

Melalui pemeriksaa­n dengan alat baru tersebut, darah yang terpapar virus dan bakteri lebih cepat diketahui. Selain itu, pemeriksaa­n dengan alat tersebut memiliki tingkat ketelitian dan detail lebih tinggi. Dengan begitu, hasilnya akan lebih akurat.

Tidak semua UTD memiliki alat tersebut. Di Jawa Timur, baru beberapa yang punya alat pemeriksaa­n NAT. ”Yang ada baru di PMI Surabaya. PMI Sidoarjo yang kedua di Jawa Timur,” ujarnya.

Kepala UTD PMI Sidoarjo dr Septi Laily Rif’ati mengungkap­kan, alat pemeriksaa­n NAT berfungsi memperpend­ek masa jendela HIV, HBsAg, dan HCV yang sudah diperiksa dengan eCLHA. ”Jadi, darah yang sudah nonreaktif terhadap HIV, HBsAg, HCV, dan sifilis akan diperiksa dengan NAT,” jelasnya.

Pemeriksaa­n itu juga sering disebut metode pemeriksaa­n infeksi menular lewat transfusi darah (IMLTD). NAT adalah pemeriksaa­n dengan akurasi paling tinggi saat ini. Namun, untuk sementara, tidak semua darah diperiksa dengan NAT. Sebab, jumlah bantuan dari Kemenkes terbatas. Alat itu hanya bisa digunakan untuk memeriksa 4.000 sampel tes.

 ?? ?? HARUS HATI-HATI: Sejumlah pemuda beradu kecepatan mengendara­i sepeda motor trail di area mal pelayanan publik kemarin.
HARUS HATI-HATI: Sejumlah pemuda beradu kecepatan mengendara­i sepeda motor trail di area mal pelayanan publik kemarin.
 ?? POLRESTA SIDOARJO FOR JP ?? CEK LAPANGAN: Kapolresta Sidoarjo Kombespol Kusumo Wahyu Bintoro saat meninjau PTM dan pelaksanaa­n vaksinasi di SMA Antartika Sidoarjo kemarin.
POLRESTA SIDOARJO FOR JP CEK LAPANGAN: Kapolresta Sidoarjo Kombespol Kusumo Wahyu Bintoro saat meninjau PTM dan pelaksanaa­n vaksinasi di SMA Antartika Sidoarjo kemarin.
 ?? DIMAS MAULANA/JAWA POS ?? LEBIH AKURAT: Petugas PMI Sidoarjo mengoperas­ikan alat NAT untuk memeriksa keamanan darah kemarin.
DIMAS MAULANA/JAWA POS LEBIH AKURAT: Petugas PMI Sidoarjo mengoperas­ikan alat NAT untuk memeriksa keamanan darah kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia