Jawa Pos

Izinkan Lahan MPP untuk Olahraga

-

SIDOARJO – Hampir setiap sore, lahan parkir di sisi utara Mal Pelayanan Publik (MPP) Sidoarjo dijadikan tempat olahraga. Ada latihan sepatu roda, drift, trail, maupun slalom test. Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Sidoarjo tidak melarang kegiatan tersebut asal pengguna bisa menjaga keamanan masingmasi­ng.

Misalnya, yang tampak dua hari terakhir, para pemuda Kota Delta berlatih trail di sana. Mereka memanfaatk­an sisi parkiran yang masih berupa tanah belum diaspal.

Namun, mereka sebatas berlatih biasa. Sebab, lahannya memang tidak dibangun khusus untuk tempat latihan trail. Tidak ada gundukan tanah dan lainnya.

Kabid Olahraga Disporapar Basori Alwi menyebutka­n, karena luas, lahan tersebut memang representa­tif untuk dijadikan tempat latihan. Ada 1 hektare lebih lahan kosong yang bisa digunakan. ’’Untuk slalom test atau yang lain bisa saja asal bisa menjaga,’’ kata Basori kemarin (6/10). Sebab, memang belum ada lahan dari Pemkab Sidoarjo yang dikhususka­n untuk latihan motor jenis tersebut. ’’Lahan formal untuk mereka sampai saat ini belum ada,’’ ujarnya.

Awalnya Disporapar Sidoarjo berencana membuat sebagian lahan parkir yang ada di sana sebagai area sepatu roda. Sebab, area sepatu roda di GOR belum representa­tif. Lahannya di GOR rata. Padahal, untuk berlatih sepatu roda, dibutuhkan sebagian lintasan yang agak miring. ’’Rencana itu masih ada, tapi belum dalam waktu dekat karena belum ada anggaranny­a,’’ lanjutnya. Karena itu, untuk sementara warga bisa berlatih sepatu roda di area GOR ataupun di lapangan parkir MPP, tapi masih seadanya.

Selain disiapkan untuk latihan sepatu roda, kawasan tersebut direncanak­an sebagai taman besar. Dengan begitu, pemandanga­nnya bakal lebih menarik. Tidak tampak gersang. Namun, rencana tersebut baru bisa terealisas­i tahun depan. Dinas lingkungan hidup dan kebersihan (DLHK) masih merencanak­an detail konsep taman tersebut tahun ini. Tahun berikutnya, baru dianggarka­n untuk dibangun.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia