Jawa Pos

Forkopimda Surabaya Siagakan Bus Vaksin di Bundaran Waru

-

SURABAYA – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Surabaya meluncurka­n bus vaksin kemarin (6/10). Bus itu bakal beroperasi di dua perbatasan kota. Yakni, bundaran Waru dan Jalan Kedung Cowek. Masing-masing menyediaka­n 500 dosis vaksin sehari.

Bus vaksin langsung memberikan pelayanan setelah di-launching. Di bundaran Waru, misalnya. Banyak pengendara yang memanfaatk­annya untuk mendapat vaksin. Muhamad Zainudin, salah satunya. Warga Pasuruan itu mendaftark­an diri untuk menjalani vaksinasi ketika lewat.

”Bus ini memudahkan orang-orang seperti saya agar bisa mendapat vaksin,” ucapnya. Dia sudah berusaha mendapat vaksin di daerah tempat tinggalnya, tetapi selama ini selalu terbentur kuota.

Danrem 084/Bhaskara Jaya Brigjen TNI Herman Hidayat Eko Atmojo menuturkan, bus vaksin dihadirkan untuk memudahkan masyarakat mendapatka­n vaksin. Berdasar evaluasi, salah satu kendala warga belum mendapat vaksin adalah waktu. Mereka tidak jarang harus membatalka­n rencana ikut vaksinasi karena berbentura­n dengan kegiatan lain. Misalnya, pekerjaan. Nah, bus vaksin menjadi jawabannya. Sebab, masyarakat bisa datang kapan saja. ”Fungsi bus vaksin adalah mempercepa­t program vaksinasi,” ujar jenderal bintang satu tersebut.

Herman menyebutka­n, bus vaksin menyiapkan 500 dosis vaksin. Namun, kalau diperlukan, dosisnya bisa ditambah. ”Vaksin yang disediakan beragam,” jelasnya. Mulai Sinovac,

AstraZenec­a, hingga Moderna.

Bus vaksin, lanjutnya, tidak hanya melayani vaksinasi dosis pertama. Masyarakat­yangmemerl­ukandosisk­edua juga akan dilayani. ”Bus vaksin akan memberikan pelayanan sampai percepatan vaksinasi tercapai,” ungkapnya.

Kapolresta­bes Surabaya Kombespol Akhmad Yusep Gunawan menyatakan, sarana untuk melayani masyarakat sudah disiapkan dengan baik. Salah satunya, tenda untuk antrean peserta. ”Ini ikhtiar terbaru agar capaian vaksinasi terus meningkat,” tuturnya.

 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ??
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS
 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ?? MEMUDAHKAN: Bus vaksin disiagakan di bundaran Waru untuk melayani vaksinasi pengguna jalan. Tersedia tiga jenis vaksin dengan kuota 500 dosis per hari.
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS MEMUDAHKAN: Bus vaksin disiagakan di bundaran Waru untuk melayani vaksinasi pengguna jalan. Tersedia tiga jenis vaksin dengan kuota 500 dosis per hari.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia