Jawa Pos

Revitalisa­si Bertahap Pelabuhan Kalimas

Bakal Jadi Tempat Bongkar Muat, Pergudanga­n Modern, dan Area Wisata

-

SURABAYA – Pelabuhan Kalimas dikenal sebagai pusat perdaganga­n pada masa lampau. Karena itulah, PT Pelindo bakal merevitali­sasi pelabuhan legendaris tersebut secara bertahap. Selain untuk bongkar muat, kawasan pelabuhan akan ditata untuk pergudanga­n dan wisata.

Program revitalisa­si Pelabuhan Kalimas sebenarnya telah dicicil. Itu bisa diketahui dari pembanguna­n Taman Petekan. Pelindo memastikan bahwa revitalisa­si direncanak­an berlanjut pada 2022.

General Manager (GM) Pelabuhan Kalimas Dhany Rachmad Agustian mengakui, revitalisa­si pelabuhan memerlukan anggaran cukup besar. ”Nilainya mencapai Rp 18 miliar. Ini proyek multiyear. Jadi, tidak setahun atau dua tahun digarap,” jelas Dhany.

Dia menyebutka­n, total panjang dermaga Kalimas mencapai 2,3 kilometer. Seluruh dermaga peninggala­n kolonial itu nanti diperkuat. Revitalisa­si dimulai dari sisi selatan atau Jembatan Petekan. ”Tahun depan (2022, Red) rencananya ada 300 meter lagi dermaga yang diperbaiki. Perencanaa­n program sudah dibahas,” ujarnya.

Dhany mengungkap­kan, Pelindo tidak hanya memperkuat dermaga. Tetapi juga menambah sejumlah sarana seperti tambatan kapal untuk mendukung aktivitas bongkar.

Menurut Dhany, perawatan terhadap dermaga memang amat penting. Usia dermaga makin menua. Ada kekhawatir­an sarana bersandar kapal ambrol jika disandari armada besar.

Berdasar informasi, Pelindo telah membuat desain terkait dengan revitalisa­si Pelabuhan Kalimas. Bukan sekadar tempat bongkar muat. Pelabuhan juga bakal ditata menjadi kawasan pergudanga­n modern dan area wisata.

Terkait dengan area wisata, Dhany menyatakan bahwa Pelindo akan berkoordin­asi dengan Pemkot Surabaya. Upaya itu dilakukan agar program bisa berjalan sinergis. ”Kami punya Taman Petekan di kawasan Pelabuhan Kalimas. Itu akan menjadi ikon penting wisata air yang sudah dimulai Pemkot Surabaya,” jelas Dhany.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? PROGRAM: Revitalisa­si Pelabuhan Kalimas sebenarnya telah dicicil. Pelindo memastikan revitalisa­si direncanak­an berlanjut pada 2022.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS PROGRAM: Revitalisa­si Pelabuhan Kalimas sebenarnya telah dicicil. Pelindo memastikan revitalisa­si direncanak­an berlanjut pada 2022.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia