Jawa Pos

Syuting Video Tutorial Memasak Menu Lokal Sehat

-

SURABAYA – World Food Day memang baru akan diperingat­i pada 16 Oktober mendatang. Namun, Hotel DoubleTree by Hilton sudah menginisia­tori ide untuk memperinga­ti World Food Day yang ditandai setiap tahun. Maria Passa selaku assistant marketing & communicat­ion manager menyatakan, ada tiga tema global yang menjadi konsep Hari Pangan Sedunia pada tahun ini. Yakni, donasi makanan, daur ulang sisa makanan, dan mengurangi jejak karbon dengan mengutamak­an go green.

’’Nah, kami mengambil tema yang ketiga lewat makanan sehat dari bahan-bahan lokal. Karena sejatinya, produk lokal itu nggak kalah bagus dan nggak kalah sehat dengan produk impor. Bahkan, banyak yang kualitasny­a sama. Sehingga sayang jika tidak diberdayak­an menjadi sebuah olahan,’’ ujarnya. Maria dan tim pun merealisas­ikan konsep tersebut dengan cara membuat video tutorial memasak satu menu makanan sehat.

Proses syuting cooking video itu pun dilakukan kemarin (6/10) di Makan Kitchen. Pathma Bala sebagai executive chef memasak menu Old Fashioned Barley and Vegetable Broth. Menu itu menonjolka­n taste dari broth alias kaldu sayuran. Pathma menyatakan, kaldu sayuran dibuat dari sisa potongan sayuran apa pun. Misalnya, kombinasi potongan batang brokoli, sisa daun bawang, hingga sisa potongan kulit wortel.

’’Kalau mengupas bawang merah itu kan, kulit pertama bagian dalam biasanya dibuang. Nah, itu juga bisa dicampurka­n untuk membuat vegetable broth. Sehingga tidak ada sayur yang tersisa karena semua terpakai,’’ terang chef asal Malaysia itu. Cita rasa alami pada kaldu sayur itu pun membuat olahan masakan tidak perlu ditambah dengan bumbu penyedap, bahkan MSG.

Menu yang dimasak dalam video tutorial pun sepenuhnya diambil dari bahan lokal yang mudah didapat di pasar. Di antaranya, wortel, kentang, barley atau biji jali, brokoli, dan tomat. ’’Kalau mau ditambah protein, bisa pakai ikan, daging, dan dada ayam. Sayurannya juga bisa ditambah jamur, bunga kol, sesuai personal taste masing-masing.

 ?? PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS ?? GO GREEN: Dari kiri, Bagus Mahendra, Pathma Bala, dan Kenneth dari Hotel DoubleTree by Hilton memasak untuk memperinga­ti World Food Day kemarin.
PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS GO GREEN: Dari kiri, Bagus Mahendra, Pathma Bala, dan Kenneth dari Hotel DoubleTree by Hilton memasak untuk memperinga­ti World Food Day kemarin.
 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia