Jawa Pos

Langsung Setujui Amnesti Saiful Mahdi

-

JAKARTA – DPR merespons cepat pemberian amnesti untuk Saiful Mahdi yang diajukan Presiden Joko Widodo. Kemarin (7/10) rapat paripurna DPR menyetujui pengampuna­n terhadap dosen Universita­s Syiah Kuala Banda Aceh itu terkait kasus pencemaran nama baik.

Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar selaku pimpinan rapat menyatakan, waktu yang ada cukup terbatas, sedangkan surat yang diajukan presiden terkait pemberian amnesti sangat penting. Maka, DPR perlu memberikan respons terhadap surat tersebut. ”Apalagi DPR akan memasuki masa reses,” terang politikus asal Jombang itu.

Pimpinan sidang pun meminta persetujua­n dari para anggota yang hadir dalam rapat paripurna. ”Apakah permintaan amnesti sesuai surat presiden bisa disetujui?” tanya Muhaimin. Para anggota dewan kompak menyetujui amnesti tersebut. Selanjutny­a, DPR akan mengirimka­n jawaban tertulis atas permintaan itu kepada Presiden Jokowi.

Terpisah, Menteri Koordinato­r Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mohammad Mahfud MD mengapresi­asi kinerja DPR. Sebab, tidak butuh waktu lama bagi dewan merespons hal itu. ”Sekarang bukan hanya diproses, tetapi langsung dinyatakan disetujui paripurna DPR,” ungkapnya.

Pihaknya juga menyampaik­an selamat kepada Saiful Mahdi. Kini yang bersangkut­an tidak perlu menjalani hukuman tiga bulan sebagaiman­a putusan pengadilan. Mahfud memastikan, pemerintah segera menuntaska­n proses pemberian amnesti untuk Saiful Mahdi. ”Kami akan segera mengimplem­entasikan itu dalam surat keputusan presiden tentang pemberian amnesti,” ujarnya.

 ?? JAM STA ROSA/AFP ?? SIMPATISAN: Massa pendukung bersorak untuk Wakil Presiden Filipina Leni Robredo atas pencalonan­nya dalam Pilpres 2022 di luar Pusat Kebudayaan Filipina di Pasay, Metro Manila, kemarin (7/10).
JAM STA ROSA/AFP SIMPATISAN: Massa pendukung bersorak untuk Wakil Presiden Filipina Leni Robredo atas pencalonan­nya dalam Pilpres 2022 di luar Pusat Kebudayaan Filipina di Pasay, Metro Manila, kemarin (7/10).
 ?? HENDRA EKA/JAWA POS ?? JELANG RESES: Dari kiri, Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel, Lodewijk F. Paulus, Muhaimin Iskandar, dan Sufmi Dasco Ahmad dalam rapat paripurna di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, kemarin (7/10).
HENDRA EKA/JAWA POS JELANG RESES: Dari kiri, Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel, Lodewijk F. Paulus, Muhaimin Iskandar, dan Sufmi Dasco Ahmad dalam rapat paripurna di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, kemarin (7/10).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia