Jawa Pos

Kinerja Pendidikan Jatim Tertinggi di Indonesia

-

PROVINSI Jawa Timur kembali menunjukka­n kinerja terbaik dalam bidang pendidikan. Sebelumnya, berbagai prestasi tingkat nasional dan internasio­nal terus diraih para siswa dan guru. Kini kinerja pendidikan Jawa Timur dinilai yang tertinggi di Indonesia. Penilaian itu dikeluarka­n Kemendagri dalam highlight indeks kinerja urusan pendidikan dari hasil evaluasi penyelengg­araan pemerintah­an daerah yang diadakan Kemendagri.

Laporan yang dirilis pada September 2021 itu menunjukka­n bahwa indeks kinerja pendidikan Jawa Timur mencapai 4,2308 poin. Capaian itu mengunggul­i 33 provinsi lain di Indonesia. Kasubdit Evaluasi Kinerja Wilayah III Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri Imelda menjelaska­n, posisi Jatim dari 34 provinsi seluruh Indonesia berada di atas rata-rata indeks kinerja urusan pendidikan secara nasional.

’’Hal ini perlu dipertahan­kan gubernur melalui perangkat daerah terkait untuk memastikan kinerja pelayanan dasar di bidang pendidikan dapat terlaksana berdasar standar pelayanan minimal yang telah ditetapkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” ungkap Imelda.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pun sangat bersyukur atas prestasi tersebut. Berbagai program Pemerintah Provinsi Jawa Timur di bidang pendidikan selalu berbuah apresiasi yang membanggak­an.

Kinerja pendidikan Jatim yang diapresias­i Kemendagri, menurut Khofifah, merupakan buah dari kebijakan Jatim Cerdas. Program tersebut menjadi bagian dari Nawa Bhakti Satya yang menjadi unggulan Pemprov Jatim. ’’Alhamdulil­lah, berbagai program dari Jatim Cerdas yang diikuti dengan alokasi anggaran yang memadai serta inovasi-inovasi dalam bidang pendidikan telah terbukti mampu memacu prestasi pendidikan Jawa Timur. Kami menyampaik­an terima kasih dan apresiasi kepada seluruh insan pendidikan di Jawa Timur, terutama kepada kepala sekolah, guru, dan orang tua siswa yang selama ini berkolabor­asi untuk memajukan pendidikan di Jawa Timur,’’ jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Wahid Wahyudi menegaskan bahwa nilai indeks kinerja pendidikan Jatim di Indonesia tinggi berkat komitmen pemerintah daerah. Terutama dalam merencanak­an, menganggar­kan, dan membuat skala prioritas dalam bidang pendidikan. Dengan memperhati­kan visi-misi yang dituangkan ke dalam dokumen perencanaa­n, baik dalam rencana pembanguna­n jangka menengah daerah maupun rencana kerja pemerintah daerah.

 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia