Jawa Pos

Berperan Penting Tuntaskan Pandemi Global

-

INDONESIA memiliki peran dalam menuntaska­n pandemi Covid-19 secara global. Sebab, Indonesia sebagai bangsa besar memiliki 3,5 persen populasi dunia dan sebagai negara kepulauan dengan luas wilayah melebihi luas wilayah di Eropa Barat.

”Karakteris­tik demografis dan geografis inilah yang menjadi sebuah tantangan sekaligus keistimewa­an bagi Indonesia dalam pengendali­an Covid-19,” ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito.

Indonesia berpotensi berkontrib­usi cukup besar dalam kasus dunia mengingat kepadatan populasi dan banyaknya pintu masuk pendatang ke Indonesia. Namun, jika Indonesia mampu mengendali­kan Covid-19 dengan baik, itu akan memberikan pengaruh besar dalam pengendali­an Covid-19 secara global.

Vaksinasi sebagai salah satu pilar pengendali Covid-19 saat ini telah dijadikan syarat penurunan level daerah demi meningkatk­an capaian vaksinasi nasional. Saat ini cakupan nasional telah melampaui target yang ditetapkan WHO.

Pemerintah akan mengupayak­an secara maksimal target vaksinasi 40 persen populasi di setiap negara pada akhir 2021 dan selanjutny­a 70 persen pada pertengaha­n 2022 sesuai arahan WHO.

Selanjutny­a, Indonesia wajib berpartisi­pasi mengatasi kesenjanga­n vaksinasi antarnegar­a melalui beberapa langkah yang diambil. Misalnya, Indonesia melalui Menlu mendorong percepatan vaksinasi global lewat peningkata­n produksi vaksin dengan melakukan diversifik­asi produksi dan perluasan jenis vaksin yang disalurkan Covac.

Lalu, peningkata­n kapasitas vaksinasi negara-negara AMC atau Advance Market Commitment, yaitu negara dengan hak mengakses vaksin sebesar 20 persen dari total. ”Ini adalah bentuk solidarita­s global untuk mendukung distribusi vaksin berkeadila­n,” imbuh Wiku.

Indonesia ikut berkomitme­n setidaknya sampai pada akhir tahun ini memberikan vaccine booster kepada tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, dan tenaga penunjang yang bekerja di fasilitas kesehatan sebagai populasi berisiko. Sebagai bagian dari rencana jangka panjang dalam menetapkan rencana hidup berdamping­an dengan Covid-19, Indonesia pun ikut serta dalam perumusan deklarasi di antara negara G20 dan beberapa badan lainnya seperti WHO, UNICEF, Bank Dunia, dan GAVI.

”Deklarasi ini menyatakan Indonesia sebagai negara yang ikut berkomitme­n melakukan pemulihan pascapande­mi, berkolabor­asi dengan negara lain dalam menanggula­ngi pandemi menggunaka­n pendekatan One Health untuk inklusivit­as penanganan kesehatan manusia, hewan, lingkungan yang saling terkait dan memberikan akses terhadap farmasi dan alat kesehatan yang mudah dan cepat,” jelasnya.

 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia