Jawa Pos

Siagakan 230 Personel SAR, Petakan Titik Rawan Banjir

-

SURABAYA – Berbagai pihak sudah menunjukka­n kesiagaan menjelang pergantian musim. Menyambut datangnya musim hujan, Ditpolairu­d Polda Jatim melaksanak­an apel kesiapsiag­aan bencana kemarin (7/10). Seluruh peralatan yang mendukung kegiatan SAR (search and rescue) dicek. Ratusan personel yang berpengala­man dalam penyelamat­an akan disiagakan di titik rawan bencana.

Apel diadakan di mako Ditpolairu­d Polda Jatim. Bukan hanya perahu karet. Polisi juga memantau pengoperas­ian beberapa peralatan lain seperti mesin pemotong besi, alat pendeteksi bawah air, dan speedboat.

Dirpolairu­d Polda Jatim Kombespol Arnapi menjelaska­n, ada 18 perahu karet yang disiagakan saat musim hujan. Seluruh alat transporta­si itu siap disebar ke sejumlah wilayah. ”Kami juga mendapat tambahan alat selam dan pendeteksi logam di bawah air untuk mendukung SAR,” ujar Arnapi.

Dia menyebutka­n, 230 personel siap diterjunka­n ke lokasi bencana. Seluruhnya telah menjalani pelatihan SAR. ”Beberapa personel juga diandalkan dalam penyelaman. Ini upaya untuk mengantisi­pasi kecelakaan di darat dan laut,” jelas Arnapi.

Menurut dia, polisi telah memetakan daerah rawan bencana. Banjir berpotensi terjadi di sejumlah daerah. Salah satunya di Kabupaten Gresik.

Arnapi menyatakan, polisi terus berkoordin­asi dengan instansi lain. Saat ini cuaca terus dipantau. Ada personel yang aktif memberikan laporan terkait dengan kondisi di daerah rawan banjir. ”Kami juga menyiapkan armada untuk mengangkut barang. Seluruhnya telah dicek,” tandas Arnapi.

 ?? EKO HENDRI/JAWA POS ?? SIAGA BENCANA: Dirpolairu­d Polda Jatim Kombespol Arnapi (kiri) memeriksa sejumlah perlengkap­an anggotanya dalam apel kesiapsiag­aan bencana kemarin.
EKO HENDRI/JAWA POS SIAGA BENCANA: Dirpolairu­d Polda Jatim Kombespol Arnapi (kiri) memeriksa sejumlah perlengkap­an anggotanya dalam apel kesiapsiag­aan bencana kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia