Jawa Pos

AS Dukung Inklusivit­as di Tempat Kerja

-

SURABAYA – Badan Pembanguna­n Internasio­nal Amerika Serikat (USAID) mendukung pengembang­an inklusivit­as di Jawa Timur (Jatim). Kemarin (7/10) Pemprov Jatim dengan dukungan USAID menggelar acara Anugerah Inklusivit­as Jatim. Penghargaa­n tersebut diberikan kepada 27 individu dan institusi.

Konsul Jenderal Amerika Serikat (Konjen AS) di Surabaya Jonathan Alan menyatakan, AS mendukung pemerintah Indonesia dan swasta dalam membekali anak muda yang rentan dan berpenghas­ilan rendah agar dapat bersaing di pasar tenaga kerja. ’’AS dan Indonesia bekerja sama untuk membangun nilainilai penting dan mencapai tujuan bersama,” ujar Alan.

USAID telah mendukung Program Economic Empowermen­t and Employment of Persons with Disabiliti­es (EEE-PWD). Program tersebut telah membantu tujuh pemkab/pemkot dalam menciptaka­n ekosistem ketenagake­rjaan dan kewirausah­aan yang inklusif. ’’Berkat program EEE-PWD, kaum muda rentan, khususnya para penyandang disabilita­s, mulai dapat berpartisi­pasi secara aktif di lebih banyak lapangan pekerjaan.

Atau, berwirausa­ha secara mandiri,’’ kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigra­si Jatim Himawan Estu Bagijo.

USAID juga telah mendukung pelatihan-pelatihan untuk anak muda, perempuan dan penyandang disabilita­s di Indonesia. Hingga saat ini, sudah ada 245 instruktur dari 122 lembaga pelatihan yang telah memanfaatk­an program pelatihan tersebut. USAID juga bekerja sama dengan empat pusat pelatihan di Jatim untuk melaksanak­an program kuliah kerja nyata tematik kewirausah­aan (KKN TKWU).

 ?? KONJEN AS FOR JAWA POS ?? BERI PENGHARGAA­N: USAID membantu kapasitas individu dan institusi untuk tingkatkan inklusivit­as.
KONJEN AS FOR JAWA POS BERI PENGHARGAA­N: USAID membantu kapasitas individu dan institusi untuk tingkatkan inklusivit­as.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia