Jawa Pos

Jaga Mood Siswa Inklusi

Koordinasi dengan Wali Murid agar Nyaman saat Simulasi PTM

-

SURABAYA – Simulasi pembelajar­an tatap muka (PTM) berlangsun­g di SDN Ketintang II kemarin. Kegiatan tersebut juga diikuti siswa inklusi. Berbagai cara pun dilakukan guru pendamping agar simulasi berjalan mulus. Mulai pelaksanaa­n teknis hingga koordinasi dengan orang tua wali. Terutama bagi siswa inklusi agar mood murid saat di kelas bisa terjaga dengan baik.

Setelah hampir dua tahun, sebagian siswa kelas VI SDN Ketintang II kembali ke sekolah. Mereka melakukan simulasi untuk mendapat asesmen PTM. Kegiatan berlangsun­g tiga hari. Pesertanya adalah semua kelas VI dengan cara digilir. ’’Kami buat menjadi tiga gelombang,’’ kata Plt Kepala SDN Ketintang II Agus Widodo.

Dia menuturkan, selama simulasi, pembelajar­an secara daring tetap dilakukan. Sebab, tidak semua siswa kelas VI datang ke sekolah. Sementara itu, siswa kelas I–V melaksanak­an pembelajar­an jarak jauh (PJJ). Ada puluhan item yang dijadikan laporan untuk keperluan asesmen pelaksanaa­n PTM. Mulai siswa sebelum berangkat hingga sampai pulang dari sekolah. Semuanya didokument­asikan, lalu di-upload.

Satgas Covid-19 dari pelajar adalah siswa kelas IV, V, VI. Mereka bertugas memeriksa suhu tubuh temannya sebelum masuk ke ruangan. Selain prokes, berjalanny­a kegiatan mengajar penting saat simulasi. ’’Beberapa upaya kami lakukan agar semuanya lancar,’’ kata Abimas Raditya Utomo, guru pendamping khusus.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah berkoordin­asi dengan wali murid. Terutama orang tua siswa inklusi. Menurut Abimas, koordinasi dilakukan sehari sebelum simulasi. Tujuannya, menjaga mood anak saat di dalam kelas. Dengan demikian, siswa betah dan tidak keluyuran. ’’Alhamdulil­lah, ini lancar semua. Kalau masih kaku, itu wajar karena siswa dua tahun belajar dari rumah,’’ ungkapnya.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? DUDUK MANIS: Guru mendamping­i murid kelas VI SDN Ketintang 2 Surabaya mengikuti simulasi pembelajar­an tatap muka kemarin.
DIPTA WAHYU/JAWA POS DUDUK MANIS: Guru mendamping­i murid kelas VI SDN Ketintang 2 Surabaya mengikuti simulasi pembelajar­an tatap muka kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia