Jawa Pos

3 Persen Lagi, Target Vaksinasi Tercapai

-

SIDOARJO – Capaian vaksinasi dosis pertama di Kabupaten Sidoarjo telah mencapai 67 persen kemarin. Dengan begitu, tinggal 3 persen lagi, ambang batas capaian vaksinasi dosis pertama akan diraih. Status Sidoarjo pun bisa bergeser dari level 3 sesuai dengan instruksi menteri dalam negeri (inmendagri). Artinya, kian banyak aspek kehidupan yang bakal diperlongg­ar.

Demi menutupi kekurangan tersebut, percepatan vaksinasi digelar di mana-mana. Kemarin (7/10) Badan Pengurus Daerah (BPD) Hipmi Jawa Timur beserta Hipmi Sidoarjo, Hipmi Surabaya, dan JD.ID menggelar vaksinasi massal di Terminal 1 Bandara Internasio­nal Juanda, Sidoarjo. Total ada 5.000 dosis yang diberikan di sana.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor menyatakan, menjaga titik vital di Sidoarjo sangat perlu. Baik bandara maupun terminal. ’’Karena 10 juta orang hilir mudik melakukan penerbanga­n setiap tahun,’’ katanya saat meninjau vaksinasi kemarin. Muhdlor menyebutka­n, vaksinasi dosis pertama di Kabupaten Sidoarjo sudah mencapai 67 persen dan dosis kedua sudah 32 persen.

Ketua BPD Hipmi Jatim Rois S. Maming menyampaik­an bahwa vaksinasi Covid-19 itu sudah menjadi program nasional. Dengan demikian, setiap Hipmi daerah diberi kewenangan untuk melaksanak­an vaksinasi.

Selain di bandara, gebyar seribu vaksin Covid-19 digelar Dinkes Sidoarjo di Balai Desa Banjar Kemantren. Polresta Sidoarjo tak mau kalah. Mereka menggelar vaksinasi di Pondok Pesantren Jati Agung Al Qodiry, Taman.

Kapolresta Sidoarjo sekaligus Wakil Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Sidoarjo Kombespol Kusumo Wahyu Bintoro menilai, vaksinasi untuk lansia perlu digenjot. Karena itu, setiap hari pihaknya jemput bola untuk vaksinasi. ’’Vaksinasi tahap pertama pada lansia masih di kisaran 39 persen. Harapannya, bisa sampai 60–70 persen,’’ katanya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia