Jawa Pos

Bus Trans Sidoarjo Tidak Beroperasi, Halte Mangkrak

-

SIDOARJO – Sejak pandemi, bus Trans Sidoarjo (BTS) tak lagi beroperasi. Akibatnya, halte yang biasanya dimanfaatk­an pun mangkrak. Kondisinya memprihati­nkan. Banyak coretan. Hingga kini, belum ada kepastian terkait dengan kembali dioperasik­annya bus tersebut. Bahkan, armada bus sudah ditarik lagi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim).

Bus yang beroperasi sejak 2015 itu sebelumnya mengakomod­asi penumpang dari Porong sampai Terminal Purabaya. Rutenya, Terminal Porong–Jalan Raya Porong–tol–Terminal Purabaya. Begitu pula jalur sebaliknya. Jarak tempuhnya sekitar 24 kilometer. Total, ada 30 armada yang dimanfaatk­an ketika itu.

Namun, saat pemberlaku­an pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), bus tak beroperasi. Saat itu ada pembatasan moda transporta­si untuk meminimalk­an persebaran virus. Sampai saat ini pun, bus belum beroperasi. ”Armadanya sudah ditarik (pemerintah, Red) provinsi sekarang,” jelas Kabid Angkutan Dinas Perhubunga­n (Dishub) Sidoarjo Rochjadi kemarin (7/10).

Pria yang akrab disapa Roy itu menuturkan, hingga kini belum ada pembahasan lagi terkait dengan kelanjutan bus tersebut. ”Kami agendakan pembahasan­nya bagaimana ke depannya,” katanya. Perlu ada pembahasan ulang untuk memastikan bus tak beroperasi selamanya atau kembali dioperasik­an saat pandemi berakhir.

Tidak beroperasi­nya BTS berimbas pada halte di Sidoarjo. Kondisinya tak terawat. Banyak coretan hingga sampah. Tahun lalu Dishub Sidoarjo merancang program perawatan halte untuk tahun ini. Rencananya, delapan halte dipercanti­k. Mulai pengecatan ulang hingga perbaikan kerusakan ringan. Anggaran yang disiapkan sekitar Rp 150 juta. Namun, seiring dengan berjalanny­a waktu dan bus tak lagi dioperasik­an, anggaran perawatan itu tidak jadi. ”Tidak ada anggaranny­a pada 2021 ini,” ujar Roy.

Namun, Roy berkomitme­n melakukan perawatan seperlunya. Misalnya, pembersiha­n. ”Sementara, memang haltenya tidak dipakai, tapi kami akan bersihkan,” jelasnya.

 ?? DIMAS MAULANA/JAWA POS ?? GELOMBANG PERTAMA: Hasil swab test salah seorang siswa SMA Antartika Sidoarjo yang diambil sampel kemarin.
DIMAS MAULANA/JAWA POS GELOMBANG PERTAMA: Hasil swab test salah seorang siswa SMA Antartika Sidoarjo yang diambil sampel kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia