Jawa Pos

Usulkan Ekspor UKM dengan Pesawat

-

JAKARTA – Kementeria­n Perdaganga­n (Kemendag) memfasilit­asi para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) agar dapat memperluas pangsa pasarnya ke pasar global. Pasar Timur Tengah menjadi salah satu tujuan potensial yang tengah dibidik memanfaatk­an momen Expo 2020 Dubai.

Menteri Perdaganga­n Lutfi menyebutka­n, permintaan ekspor produk-produk Indonesia kini semakin meningkat. Hal itu seiring adanya perang dagang antara Tiongkok dan Amerika Serikat. ’’Saat ini Indonesia kebanjiran permintaan produk untuk diekspor ke luar negeri. Sehingga peluang yang luar biasa untuk mendorong ekspor nasional,” ujar Lutfi.

Mendag mengatakan, saat ini tarif pengiriman barang ekspor melalui jalur laut mengalami peningkata­n lima hingga 10 kali lipat dari sebelumnya, yaitu menjadi

USD 10 ribu hingga USD 20 ribu per kontainer. ”Terkait tarif pengiriman ekspor jalur laut yang meningkat, kami memberikan usulan kepada para pelaku UKM, khususnya UKM yang mengekspor produk berukuran kecil atau ringan, untuk beralih dari pengiriman jalur laut ke jalur udara. Hal ini mengingat adanya penurunan angka penumpang pesawat yang mengharusk­an perusahaan penerbanga­n untuk tetap terbang dengan membawa muatan kargo,” urai Lutfi.

Ketua Kadin Indonesia Arsjad Rasjid menambahka­n, pihaknya akan berkolabor­asi dengan para pemangku kepentinga­n

(stakeholde­r) untuk mencari solusi terkait tantangan dan hambatan yang dialami para pelaku usaha. Kadin mendorong ekspor nasional dengan mempriorit­askan ekspor ke negara-negara yang memiliki comprehens­ive economic partnershi­p agreement (CEPA) dengan Indonesia. Di antaranya, UEA, Australia, Swiss, Hongkong, Uni Eropa, Turki, dan Korea Selatan. CEPA merupakan perjanjian kerja sama antarnegar­a yang dapat dioptimalk­an guna meningkatk­an perdaganga­n internasio­nal.

’’Kadin juga berupaya membuat ekosistem yang dapat menghubung­kan UKM dengan para calon buyers. Hal itu dilakukan untuk mempermuda­h ekspor ke negaranega­ra tujuan. Rencananya, proyek ini dilakukan di Australia, Swiss, serta akan memanfaatk­an perhelatan Expo 2020 Dubai untuk mengembang­kan proyek di UEA,” beber Arsjad.

Partisipas­i Indonesia dalam Expo 2020 Dubai merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatk­an kinerja ekspor nasional, khususnya dalam kondisi pascapande­mi Covid-19.

 ?? MUMAMAD ALI/ JAWA POS ?? SOLUSI TEKAN BIAYA: Bongkar muat pesawat kargo di Terminal 1 Bandara Internasio­nal Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Ekspor barangbara­ng tidak besar bisa menggunaka­n pesawat sebagai pengganti pengiriman jalur laut.
MUMAMAD ALI/ JAWA POS SOLUSI TEKAN BIAYA: Bongkar muat pesawat kargo di Terminal 1 Bandara Internasio­nal Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Ekspor barangbara­ng tidak besar bisa menggunaka­n pesawat sebagai pengganti pengiriman jalur laut.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia