Jawa Pos

Verstappen Berpeluang Besar Rebut Puncak Klasemen

-

ISTANBUL – Mercedes mengevalua­si keputusan mereka yang berencana mempertaha­nkan mesin mobil milik Lewis Hamilton hingga akhir musim. Tim pabrikan Jerman itu kemarin mengumumka­n mengganti sistem pembakaran internal atau internal combustion engine (ICE) pada mesin mobil Hamilton di GP Turki.

Dampak pergantian tersebut adalah Hamilton diganjar mundur sepuluh posisi saat start di Sirkuit Istanbul. Motorsport melaporkan, Mercedes sebenarnya sempat ragu mengambil keputusan tersebut. Itu disebabkan persaingan Hamilton dengan pembalap Red Bull Max Verstappen di klasemen pembalap saat ini sedang ketat-ketatnya.

Hamilton memang masih memuncaki klasemen dengan raihan 246,5 poin. Namun, Verstappen menempel di posisi kedua hanya dengan selisih dua angka, yakni 244,5 poin. Persaingan makin ketat karena balapan musim ini tinggal tujuh seri.

Keputusan itu akhirnya diambil juga karena Hamilton sendiri yang memintanya. Mengingat, saat ini Verstappen juga sudah menggunaka­n mesin baru setelah menggantin­ya secara keseluruha­n di GP Rusia (26/9). Akibat pergantian tersebut, Verstappen juga diganjar penalti sampai start di posisi buncit.

Dengan hanya mengganti ICE, Mercedes menghindar­kan Hamilton dari penalti start dari posisi paling belakang. Team Principal Mercedes Toto Wolff mengatakan, itu adalah langkah yang paling aman untuk Hamilton di tengah persaingan ketat melawan Verstappen.

Pergantian ICE diharapkan bisa memperbaik­i performa mesin mobil Hamilton sekaligus menghindar­kan kerusakan mesin yang bisa berdampak pada gagal finis (DNF). ’’Dalam hitungan kami, perlu empat kemenangan untuk bisa mengejar poin jika terjadi

 ?? ?? MODIS: Bintang Mercedes Lewis Hamilton mengenakan baju menyala kala tiba di Sirkuit Istanbul Park, Turki, kemarin (8/10).
MODIS: Bintang Mercedes Lewis Hamilton mengenakan baju menyala kala tiba di Sirkuit Istanbul Park, Turki, kemarin (8/10).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia