Jawa Pos

Cuma Cedera Ringan, Tiga Pemain Siap Dimainkan

-

BURIRAM – Timnas Indonesia bisa menatap leg kedua playoff kualifikas­i Piala Asia 2023 melawan Taiwan dengan rasa percaya diri. Sebab, tiga pemain yang mengalami cedera saat melawan Taiwan dalam leg pertama yang berlangsun­g di Chang Arena, Buriram, Thailand, Kamis (7/10) dipastikan tidak mengalami cedera berat.

Mereka adalah Ramai Rumakiek, Asnawi Mangkualam, dan Ricky Kambuaya. Ramai yang mencetak gol pembuka harus digantikan Egy Maulana Vikri ketika pertanding­an baru berjalan 28 menit. Ricky digantikan Kadek Agung pada menit ke-72. Sedangkan Asnawi tampil full meski di tengah pertanding­an harus menggunaka­n perban di kepala. ’’Semua baik-baik saja,’’ kata asisten pelatih timnas Indonesia Nova Arianto melalui pesan singkat kepada Jawa Pos kemarin.

Namun, Nova tidak memastikan apakah ketiganya bakal memulai leg kedua sejak awal. Tim masih terus melakukan evaluasi dan mencari formula yang tepat untuk bisa meredam Taiwan. ’’Ditunggu saja,’’ lanjutnya.

Dokter timnas Indonesia Ahmad Nizar juga memastikan kondisi para pemain bagus dan bisa dimainkan di leg kedua. ’’Alhamdulil­lah. Setelah dilakukan pemeriksaa­n kepada tiga pemain tersebut, mereka hanya cedera ringan,’’ sebutnya dalam keterangan resmi.

Nizar menjelaska­n, untuk Ramai, sebelumnya dia mengalami masalah di bagian otot kaki dan pembengkak­an. Sementara Ricky Kambuaya mengalami kram. ’’Untuk Asnawi, kepalanya sudah kami jahit,’’ jelasnya.

Pelatih Shin Tae-yong mengaku lega dan berharap recovery pemain berlangsun­g cepat dan bisa fit pada leg kedua yang berlangsun­g pada 11 Oktober mendatang.

Tiga pemain di atas memang memberikan kontribusi penting. Rising star

Persipura Jayapura Ramai Rumakiek sukses mencetak satu gol. Sementara gelandang Persebaya Surabaya Ricky mencatatka­n tiga kali intersep untuk memutus serangan Taiwan dan melepaskan 44 kali umpan sukses. Sedangkan Asnawi bermain sangat militan di sisi kanan pertahanan tim.

Bugarnya kondisi para pemain bakal menguntung­kan. Sebab, STY memiliki banyak pilihan untuk menurunkan pemain sesuai strategi yang diinginkan. ’’Pemain harus tetap fokus dan kerja keras pada leg kedua nanti,’’ katanya.

Laga melawan Taiwan memang menjadi pertaruhan bagi STY. Sebagaiman­a diketahui, hasil positif di leg pertama merupakan kemenangan perdana STY semenjak melatih skuad Garuda. Namun, ujian kedua masih menanti. Bila ingin lolos ke kualifikas­i Piala Asia 2023, Indonesia minimal harus bermain imbang atau kalah dengan margin satu gol seperti 2-3 dan 3-4.

 ?? PSSI ?? BIKIN LEGA: Ricky Kambuaya tampil memesona dalam debutnya bersama timnas Indonesia pada Kamis (7/10). Sayang, dia tidak bisa tampil full 90 menit karena cedera.
PSSI BIKIN LEGA: Ricky Kambuaya tampil memesona dalam debutnya bersama timnas Indonesia pada Kamis (7/10). Sayang, dia tidak bisa tampil full 90 menit karena cedera.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia