Jawa Pos

Aji: Semoga PSSI Mengerti Situasi yang Kami Alami

-

SURABAYA – Tim pelatih Persebaya Surabaya betul-betul pusing dalam menyiapkan skuad. Bagaimana tidak, selain empat pemainnya seperti kiper Ernando Ari, Rachmat Irianto, Rizky Ridho, dan Ricky Kambuaya masih bersama timnas Indonesia di Thailand, dua pemain belakang Persebaya Alie Sesay dan Arif Satria dihantam cedera.

Yang paling baru, Marselino Ferdinan kembali mendapat panggilan timnas Indonesia U-23 untuk training camp di Tajikistan pada 13–31 Oktober mendatang. Menyusul Ernando Ari, Rachmat Irianto, dan Rizky Ridho yang namanya lebih dulu masuk. Tentu ini bakal jadi masalah serius bagi Aji Santoso dalam mempersiap­kan skuad.

’’Hari ini (kemarin) saya masih mau meeting dengan manajemen menyikapi pemanggila­n Marsel,’’ ujarnya. Aji mengatakan, tenaga Marsel dibutuhkan Persebaya. Baik untuk persiapan saat ini maupun ketika pertanding­an seri kedua. ’’Kalau dia pergi, kami pakai pemain mana lagi? Harus ada win-win solution,’’ lanjutnya.

Dia berharap PSSI dan PT LIB bisa membuat jadwal yang tidak memberatka­n. Misalnya, Marsel diperboleh­kan dulu membela Persebaya, setelah itu baru bergabung ke TC timnas. ’’Di negara lain bisa kok, kenapa jadwal di Indonesia seperti ini? Kami support timnas, tapi ya jangan merugikan klub,’’ ucapnya.

Aji juga mendengar sangat mungkin Ricky Kambuaya tidak bisa dimainkan di laga perdana seri kedua melawan Persipura Jayapura pada 16 Oktober mendatang. Sebab, pemain asal Sorong itu harus menjalani karantina dulu selama delapan hari setelah tiba dari Thailand.

Aji berharap hal itu tidak terjadi. Dia meminta PSSI memakai pesawat carteran. Bukan pesawat umum agar para pemain tidak menjalani karantina delapan hari. ’’Berangkatn­ya bisa pesawat carteran, kenapa pulangnya tidak? Harusnya PSSI mikir pemain-pemain ini kan dibutuhkan tim untuk kompetisi,’’ tegasnya.

Jika harus karantina delapan hari, Ricky Kambuaya akan melewatkan dua pertanding­an. Yakni, melawan Persipura dan Persela Lamongan (21/10). Sebab, Ricky akan kembali dari Thailand bersama pemain timnas lainnya pada 12 Oktober mendatang. Hal itu belum termasuk tiga pemain seperti Rian, Ernando, dan Ridho yang kabarnya tidak ikut kembali ke Indonesia dan akan langsung terbang menuju Tajikistan untuk TC timnas. ’’Semoga PSSI mengerti situasi yang kami alami,’’ harap Aji.

 ?? SALMAN TOYIBI/JAWA POS ?? PUSING: Aji Santoso tidak bisa menyiapkan skuad dengan optimal karena banyaknya pemain yang tidak bisa bergabung dengan tim.
SALMAN TOYIBI/JAWA POS PUSING: Aji Santoso tidak bisa menyiapkan skuad dengan optimal karena banyaknya pemain yang tidak bisa bergabung dengan tim.
 ?? SALMAN TOYIBI/JAWA POS ?? TANTANGAN BARU: Joko Susilo dikabarkan bakal melatih tim Liga 2 PSG Pati menggantik­an Ibnu Grahan yang mengundurk­an diri.
SALMAN TOYIBI/JAWA POS TANTANGAN BARU: Joko Susilo dikabarkan bakal melatih tim Liga 2 PSG Pati menggantik­an Ibnu Grahan yang mengundurk­an diri.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia