Jawa Pos

Habis-habisan Menuju Turnamen Dunia

Oleh: Eric Soejatno

-

RANAH PUBG Mobile Indonesia kembali menyuguhka­n tontonan menarik pada Oktober ini. Yakni, PUBG Mobile Pro League South East Asia (PMPL SEA) Championsh­ip Season 4. Mempertemu­kan 20 tim, ajang PUBG Mobile Asia Tenggara itu memakai format yang berbeda dari tiga musim sebelumnya. Yakni, menghadirk­an sistem liga yang akan dimulai pada 12 Oktober mendatang.

Indonesia mengirimka­n lima tim untuk bertarung di PMPL SEA Championsh­ip Season 4. Mereka adalah EVOS Esports, RRQ Ryu, Genesis Dogma GIDS, NFT Esports, dan Bigetron RA. Untuk jumlah tim, Indonesia dan Thailand menjadi wakil terbanyak dengan masing-masing lima tim. Sisanya, terdapat empat tim masing-masing dari Malaysia dan Vietnam. Lalu, masing-masing satu tim dari Kamboja dan Myanmar.

Jalur berbeda dilalui wakil Indonesia untuk bertarung di PMPL SEA Season 4 ini. EVOS Esports berhasil lolos setelah meraih juara kedua di PMPL SEA Championsh­ip Season 3. EVOS diisi pemain ternama seperti Nizar ’’Microboy” Lugatio Pratama (eks kapten Bigetron RA) dan Eksa ’’RedFace” Rachman Jayanto (terminator di PMPL Indonesia Season 2).

Genesis Dogma GIDS menjadi satu-satunya tim Indonesia yang lolos PMPL SEA dengan memakai susunan pemain yang sama dengan di PMPL Indonesia Season 3. Berkat penampilan yang konsisten, baik di regular season maupun di grand final, mereka berhasil menjadi juara di PMPL Indonesia Season 4. Selain itu, mereka berhasil lolos ke PUBG Mobile Global Championsh­ip 2021, turnamen dunia PUBG Mobile, berkat pencapaian mereka sebagai tim dengan poin terbanyak dari PMPL Indonesia selama 2 musim di 2021.

Menjadi satu-satunya tim Indonesia yang selalu mengikuti PMPL SEA selama 4 musim beruntun, Bigetron RA melewati perjalanan berliku setelah harus puas di posisi ke-12 di regular season. Bahkan, pada hari pertama grand final, Muhammad ’’Ryzen” Albi dkk hanya mengumpulk­an 20 poin dan berada di peringkat ke-13. Meski begitu, mereka berhasil bangkit di dua hari babak grand final dan memastikan diri lolos ke PMPL SEA setelah meraih peringkat ketiga dengan total 133 poin.

Perubahan besar dilakukan RRQ Ryu dengan mendatangk­an tiga pemain sekaligus. Mereka juga sukses mempertaha­nkan Yoga ’’Nerpehko’’ Malik Rahman dan Rahmat ’’VALDEMORT” Hidayat sebagai kapten tim. Pergantian pemain tersebut berbuah manis dengan pencapaian mereka menjadi juara pertama di regular season PMPL Indonesia Season 4.

Sama dengan RRQ Ryu, NFT Esports juga melakukan perombakan pemain. NFT Esports bahkan hanya menyisakan satu orang, yakni Abar ’’Flippy” Putra, dari musim sebelumnya. Atau, di mana mereka gagal lolos ke PMPL Indonesia Season 3.

Setelah menjadi juara PUBG Mobile National Championsh­ip 2021, mereka kembali ke panggung PMPL hingga akhirnya berhak menjadi wakil Indonesia setelah menjadi juara kedua di grand final PMPL Indonesia Season 4.

EVOS Esports, Bigetron RA, RRQ Ryu, dan NFT Esports memiliki peluang yang sama untuk menemani Genesis Dogma GIDS di PMGC 2021. Namun, mereka harus bersaing dengan wakil Asia Tenggara lain di PMPL SEA Season 4. Hanya tiga tim yang berhak lolos ke PMGC 2021 yang masih belum mengungkap tanggal berlangsun­gnya acara. Meski begitu, dikabarkan ajang PUBG Mobile dunia tersebut akan berlangsun­g. (*)

 ?? PUBG MOBILE ESPORTS ?? MENJAJAL PERUNTUNGA­N: Dari kiri, Sakaria ”NiciL” Hontong, Joshua ”Booms” Chang, Alan ”Satar” Raynold, Inzaghi ”DayboT” Karundeng, dan Grace ”Blessing” Marbun yang tergabung dalam tim Genesis Dogma Indonesia bertarung di level Asia Tenggara.
PUBG MOBILE ESPORTS MENJAJAL PERUNTUNGA­N: Dari kiri, Sakaria ”NiciL” Hontong, Joshua ”Booms” Chang, Alan ”Satar” Raynold, Inzaghi ”DayboT” Karundeng, dan Grace ”Blessing” Marbun yang tergabung dalam tim Genesis Dogma Indonesia bertarung di level Asia Tenggara.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia