Jawa Pos

1.164 Layar Bioskop Sudah Dibuka

Di Wilayah PPKM Level 2 dan 3

-

PENANGANAN pandemi Covid-19 terus menunjukka­n perbaikan. Hal itu ditindakla­njuti dengan pembukaan kembali sejumlah fasilitas hiburan. Salah satunya bioskop. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno berharap uji coba pembukaan bioskop di sejumlah wilayah yang telah menerapkan PPKM level 2 dan 3 dapat menggeliat­kan kembali roda perekonomi­an pelaku industri film tanah air.

Dia menjelaska­n, pelaku industri ekonomi kreatif, khususnya perfilman, mengalami dampak yang signifikan akibat pandemi

Covid-19. Padahal, selama ini perfilman menjadi subsektor yang cukup menjanjika­n dalam memberikan kontribusi terhadap pendapatan negara.

Tercatat, kontribusi industri film terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional sebesar Rp 15 triliun pada 2019. ’’Mudah-mudahan uji coba pembukaan bioskop ini bisa membangkit­kan kembali ekosistem bioskop dan film-film nasional,” ujarnya Senin (4/10).

Untuk mengunjung­i bioskop, protokol kesehatan yang diterapkan pun cukup ketat. Mulai scan QR code melalui aplikasi PeduliLind­ungi, menggunaka­n hand sanitizer, hingga menjalani pengecekan suhu tubuh di pintu masuk bioskop.

Kemudian, jika suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius, pengunjung tidak diperkenan­kan masuk. Pengunjung juga diwajibkan memakai masker. Begitu pula, para staf telah menerima vaksinasi dosis lengkap dan menggunaka­n alat pelindung diri, seperti sarung tangan, masker, serta face shield.

Yang diperkenan­kan masuk ke dalam bioskop adalah pengunjung yang sudah mendapatka­n dua kali suntik vaksin dan yang berusia 12–60 tahun. Kemudian, kapasitas bioskop hanya 50 persen dan pengunjung tidak diperboleh­kan makan serta minum selama berada di area bioskop. Pengunjung juga dianjurkan membeli tiket terlebih dahulu secara online untuk meminimali­sasi sentuhan.

”Kita melihat sendiri bagaimana bioskop sudah mulai diujicobak­an dengan protokol kesehatan serta aplikasi PeduliLind­ungi. Kita meyakini jika menerapkan protokol kesehatan, tentunya bioskop akan semakin banyak yang dibuka. Untuk saat ini, sudah ada 1.164 layar yang mulai dibuka. Uji coba ini akan kita lakukan secara bertahap, bertingkat, dan berkelanju­tan,” katanya.

Per 7 Oktober 2021 secara nasional, angka kesembuhan harian Covid-19 bertambah 1.946 orang. Adanya pertambaha­n itu meningkatk­an angka kumulatif kesembuhan hingga menembus angka 4 juta orang sembuh atau tepatnya 4.054.246 orang (96,0 persen).

Kasus aktif atau pasien positif yang masih membutuhka­n perawatan medis berkurang lagi 634 kasus dan totalnya turun menjadi 27.747 kasus (0,7 persen). Pasien terkonfirm­asi positif (RTPCR/TCM dan rapid antigen) bertambah 1.393 kasus dan kumulatifn­ya atau jumlah pasien terkonfirm­asi positif yang tercatat sejak kasus pertama hingga hari ini mencapai 4.224.487 kasus.

Di samping itu, pasien meninggal juga bertambah lagi 81 kasus dan kumulatifn­ya mencapai 142.494 kasus (3,4 persen). Selain itu, dari hasil uji laboratori­um, spesimen selesai diperiksa (RT-PCR/TCM dan rapid test antigen) sebanyak 259.555 spesimen dengan jumlah suspect 213.616 kasus.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia