Jawa Pos

OJK Dorong Vaksinasi dan Pengembang­an UMKM di Daerah

-

OTORITAS Jasa Keuangan (OJK) bersama industri jasa keuangan terus berupaya mendorong pemulihan ekonomi melalui gerakan vaksinasi massal Covid-19 dan pengembang­an UMKM di daerah.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso bersama self regulatory orga

nization (SRO) pasar modal menyelengg­arakan rangkaian kegiatan bantuan sosial dan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat di sekitar Pondok Pesantren Matholiúl Anwar (Mawar), Lamongan, Jawa Timur. Kegiatan tersebut masih dalam rangkaian peringatan HUT Ke-44 Pasar Modal Indonesia.

Wimboh yang didampingi Direktur Utama PT KSEI Uriep Budhi Prasetiyo, Direktur PT BEI Hasan Fawzi, serta pimpinan Pondok Pesantren Matholiúl Anwar KH Ahmad Taufik menyerahka­n bantuan sosial secara simbolis kepada masyarakat Lamongan serta meninjau pelaksanaa­n vaksinasi di kompleks Pesantren Matholiúl Anwar.

”OJK bersama industri jasa keuangan berkomitme­n dalam mendukung target pemerintah mencapai herd immunity di masyarakat. Pada akhir Desember 2021, kami menargetka­n vaksinasi untuk 10 juta penduduk,” kata Wimboh.

Lebih lanjut Wimboh berharap, adanya percepatan distribusi vaksin dan penerapan protokol kesehatan akan mendukung mobilitas masyarakat untuk dapat kembali beraktivit­as sosial, keagamaan, dan tentunya usaha perekonomi­an. Selain pelaksanaa­n vaksinasi dan donor darah, dalam kegiatan itu juga dilakukan pemberian santunan kepada ahli waris tenaga kesehatan periode pandemi Covid-19 sebesar Rp 1,128 miliar dan bantuan alat kesehatan untuk Klinik Kesehatan Pesantren Matholiúl Anwar (Mawar).

Vaksinasi dilaksanak­an pada 5–8 Oktober 2021 dengan target peserta 3.000 orang yang ditujukan untuk kalangan Pondok Pesantren Mawar dan masyarakat sekitar.

Selain di Lamongan, Wimboh Santoso juga meninjau pelaksanaa­n penyaluran KUR Klaster Pertanian Porang di Mojokerto sekaligus memberikan bantuan senilai Rp 99 juta berupa mesin pencuci, mesin perajang, oven, dan mesin pembuat tepung porang.

Dalam kegiatan tersebut, Wimboh mengatakan bahwa OJK akan terus mendukung upaya kolaborati­f dan sinergis antara pemerintah daerah, perbankan, dan pihak-pihak terkait untuk memperluas akses keuangan bagi petani. ”KUR diharapkan dapat mempercepa­t pemulihan ekonomi nasional dan mendorong peningkata­n kesejahter­aan masyarakat,” katanya.

Jawa Timur memiliki potensi komoditas pertanian baru, yaitu porang, tanaman umbi-umbian yang saat ini menjadi unggulan ekspor komoditas pertanian di Indonesia. Nilai ekspor porang pada 2020 mencapai Rp 932,6 miliar dengan negara tujuannya mencakup Jepang, Tiongkok, Taiwan, Vietnam, dan Thailand.

Potensi komoditas porang harus dapat memberikan nilai tambah tidak hanya pada perusahaan pengolah porang, tetapi juga pada petani porang, khususnya di Kabupaten Mojokerto yang memiliki luas lahan porang mencapai 855 ha.

Penyaluran KUR dan pengembang­an ekosistem KUR klaster komoditas porang di Kabupaten Mojokerto diharapkan dapat membantu para petani komoditas porang untuk meningkatk­an produktivi­tas dan kualitas hasil pertanian.

KUR klaster komoditas umbi porang berfokus pada pembentuka­n ekosistem yang lengkap, dari hulu sampai ke hilir mulai petani, pendamping/collecting agen, hingga penyalur KUR atau off taker potensial.

 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia