Jawa Pos

Legenda Putri Kadiri Daya Pikat Tersendiri

Wisata air merambat Roro Kuning tidak hanya menjanjika­n keindahan alam. Sebuah legenda yang tersimpan di destinasi tersebut memberi nilai tambah bagi para pengunjung.

-

RORO Kuning menjadi salah satu objek wisata unggulan di Kabupaten Nganjuk. Destinasi yang terletak di Dusun Magersari, Desa Bajulan, Kecamatan Loceret, tersebut menawarkan keindahan panorama alam.

Salah satunya adalah spot air merambat. Sesuai namanya, air terjun itu merambat di antara akar pohon dan bebatuan. Gerojokan air dari Bukit Panjer tersebut menjadi salah satu ikon dari tempat wisata ini.

Selain itu, wisatawan bisa menikmati aneka wahana yang telah tersedia. Mulai deretan gazebo yang cocok menjadi tempat menyaksika­n keindahan panorama di kawasan tersebut, wahana outbound, hingga kolam renang.

Yang juga jadi ikon dari objek wisata itu adalah sebuah patung besar berwarna kuning keemasan. Patung tersebut menunjukka­n kemolekan dan kecantikan dari seorang perempuan. Seorang putri lebih tepatnya. ”Patung itu digambarka­n sebagai perwujudan Putri Roro Kuning,” ujar Aries Trio Effendy, salah seorang penggiat sejarah dan budaya di Kabupaten Nganjuk.

Lebih lanjut, Aries mengisahka­n bahwa Roro Kuning diyakini warga setempat sebagai seorang putri dari Kerajaan Kadiri (Kediri). Dari cerita rakyat yang mengemuka, putri tersebut berkelana dalam misi mencari obat di Gunung Wilis. Singkat cerita, perjalanan­nya itu membawanya hingga ke desa yang sekarang dikenal bernama Bajulan tersebut.

Roro Kuning diceritaka­n sangat takjub dengan kecantikan air merambat yang ada di sana. Diyakini, dia dulu juga sering menyucikan diri di bawah guyuran air itu. ”Hingga kini banyak warga yang datang ke sana untuk juga merasakan kesegaran air tersebut,” sambung pria yang hobi bertualang itu.

Selain legenda Putri Roro Kuning, jelas Aries, situs tersebut menjadi rujukan bagi para pemuka agama Hindu. Pasalnya, di atas air merambat itu ditemukan tiga buah candi. Diduga kuat, candi tersebut menjadi tempat peribadata­n atau pertapaan. ”Dilihat dari gerabah dan bentuk candinya, diperkirak­an merupakan peninggala­n era Kerajaan Kadiri-Majapahit,” ujar pria yang tinggal di Desa/Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk, tersebut.

Candi itu sendiri terbuat dari batuan andesit. Hanya, peninggala­n arca yang diduga dulunya ada di sana sekarang sudah tidak bisa ditemukan. ”Dimungkink­an, dulu tempat ini juga menjadi padepokan resi atau Brahmana,” ungkapnya.

Aries mengakui bahwa legenda dan beberapa temuan sejarah tersebut juga mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Terlebih apabila mampu dikelola dan dikembangk­an lebih baik lagi ke depannya.

 ?? ?? SEJARAH:
Patung Roro Kuning juga menjadi salah satu spot yang jadi jujukan wisatawan yang datang ke destinasi ini.
SEJARAH: Patung Roro Kuning juga menjadi salah satu spot yang jadi jujukan wisatawan yang datang ke destinasi ini.
 ?? FOTO-FOTO: ANDHIKA ATTAR/JAWA POS RADAR KEDIRI ?? BERENANG: Pengunjung juga bisa menikmati kesegaran air dengan berenang di kolam yang disediakan di objek wisata air merambat Roro Kuning.
FOTO-FOTO: ANDHIKA ATTAR/JAWA POS RADAR KEDIRI BERENANG: Pengunjung juga bisa menikmati kesegaran air dengan berenang di kolam yang disediakan di objek wisata air merambat Roro Kuning.
 ?? ?? IKON: Air terjun yang merambat di antara akar pohon dan bebatuan menjadi ikon utama di objek wisata air merambat Roro Kuning.
IKON: Air terjun yang merambat di antara akar pohon dan bebatuan menjadi ikon utama di objek wisata air merambat Roro Kuning.
 ?? ?? SEGAR: Bermain di bawah guyuran air terjun merambat menjadi salah satu aktivitas yang paling digemari wisatawan yang datang ke objek wisata air merambat Roro Kuning
SEGAR: Bermain di bawah guyuran air terjun merambat menjadi salah satu aktivitas yang paling digemari wisatawan yang datang ke objek wisata air merambat Roro Kuning
 ?? ?? SAYANG ANAK: Seorang pengunjung menemani putrinya menikmati sebuah wahana permainan di kompleks objek wisata air merambat Roro Kuning.
SAYANG ANAK: Seorang pengunjung menemani putrinya menikmati sebuah wahana permainan di kompleks objek wisata air merambat Roro Kuning.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia