Jawa Pos

Fittonia Suka Matahari, Philodendr­on Dirawat bak Princess

Warna daun tak hanya hijau. Beberapa jenis tanaman juga memiliki warna merah muda, dari yang pucat hingga menor. Perawatann­ya pun beragam. Ada yang bandel dan mudah beradaptas­i, ada pula yang sangat sensitif.

-

berwarna merah muda pucat hingga ungu terlihat di antara koleksi Gabriella Krissta Monditayan­a. Rata-rata, tanaman tersebut dipelihara di bawah teduhan. Terlindung, tapi tetap terkena cahaya matahari. Ica, sapaan Gabriella, menjelaska­n, si cantik berdaun merah muda memang cukup sensitif terhadap cahaya matahari.

”Enggak bisa disamakan dengan tanaman pucuk merah yang makin ngejreng saat dijemur. Tanamantan­aman ini bisa gosong kalau kebanyakan sinar matahari,” lanjutnya. Warna merah muda tiap jenis tanaman koleksi Ica juga beragam. Ada yang amat pucat seperti

Syngonium pink perfect.

Namun, ada pula yang cenderung keunguan seperti

Calathea crimson pink.

Ica menjelaska­n, kedua jenis tanaman memiliki warna merah muda alami. ”Pink-nya asli, bukan karena variegata atau mutasi gen. Jadi, umpama ada anakannya, sifatnya bakal sama,” ungkap pencinta tanaman hias yang tinggal di Rungkut, Surabaya, itu. Hal tersebut berbeda dengan

Philodendr­on pink princess koleksinya yang bercak merah mudanya merupakan bentuk variegata. Dalam satu tanaman, warna pink tampil beragam. Dari berupa bercak hingga nyaris seluruh daun. Di antara tanaman berdaun pink koleksinya, Ica menilai,

Syngonium pink perfect adalah yang paling disarankan buat pemula. Sebab, tanaman tersebut cukup bandel. Mudah beradaptas­i di luar atau dalam ruangan. ”Yang penting, situasi sekitarnya lembap dan sirkulasi udaranya bagus,” kata Ica. Dia juga menyaranka­n Fittonia alias nerve plant yang harganya relatif terjangkau dan menyukai sinar matahari terlindung. Bagi yang sudah cukup mahir, Aglaonema dud anjamani bisa dikoleksi. Pemilik bisnis mama. daun itu menjelaska­n, tanaman subfamili aroid tersebut sangat menyukai tempat yang terlindung sinar matahari. Jika diletakkan di rak, bisa di bagian tengah atau bawah. ”Aglaonema juga enggak terlalu doyan air. Penyiraman­nya cukup 2–3 hari sekali,” imbuh Ica.

Selain itu, ada keladi atau

Caladium. Perempuan yang juga seorang pawrent tersebut menceritak­an, keladi terbilang

moody. Jika terlambat menyiram atau cuaca terlalu panas, ia bisa segera layu dalam hitungan jam.

Ica beranggapa­n, jenis tanaman berdaun pink yang paling sulit dirawat adalah

Philodendr­on pink princess.

Seperti namanya, jenis

Philodendr­on itu perlu mendapat perawatan bak princess. Tanaman yang dibanderol hingga belasan juta itu sangat sensitif. Ia dirawat bersama aroid variegata di lantai atas, yang memiliki greenhouse dengan lapisan paranet.

Pada akhir pekan lalu,

Philodendr­on pink princess milik Ica dalam kondisi kurang fit. ”Daunnya, terutama yang pink, lagi kurang bagus karena baru diganti media tanamnya. Dari lumut, ke campuran tanah dan sekam,” lanjut Ica.

Alhasil, beberapa daunnya tampak keriting walau tak layu. Namun, kondisi itu dinilainya bakal membaik ketika tanaman berhasil beradaptas­i.

Menurut Ica, tanaman berdaun pink tak selalu mahal. Perawatann­ya pun beragam, dari yang sederhana hingga yang rumit. Tinggal menyesuaik­an kemampuan

plant lovers. ”Sebelum beli, jangan lupa pelajari dulu kebutuhan tanaman. Sehingga, saat di rumah, tanaman enggak lekas mati,” paparnya.

 ?? PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS ?? BEDA JENIS, BEDA PERAWATAN: Beberapa jenis tanaman ber”genre” pink. Yakni, Syngonium pink perfection, Aglaonema dud anjamani, Fittonia, Caladium pink love, dan Calathea crimson pink.
PHILODENDR­ON PINK PRINCESS
PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS BEDA JENIS, BEDA PERAWATAN: Beberapa jenis tanaman ber”genre” pink. Yakni, Syngonium pink perfection, Aglaonema dud anjamani, Fittonia, Caladium pink love, dan Calathea crimson pink. PHILODENDR­ON PINK PRINCESS
 ?? ??
 ?? PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS ?? PENCINTA TANAMAN: Gabriella Krissta Monditayan­a merawat beberapa tanaman koleksinya di garden, area lantai 3 rumahnya.
PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS PENCINTA TANAMAN: Gabriella Krissta Monditayan­a merawat beberapa tanaman koleksinya di garden, area lantai 3 rumahnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia