Jawa Pos

Resmikan Smart Card dan Cashless di Terminal

-

PEMERINTAH Provinsi Jatim terus berinovasi mengembang­kan infrastruk­tur transporta­si darat, laut, dan udara. Hal itu sesuai dengan Nawa Bhakti Satya ke-4 yang digagas Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, yakni Jatim Akses. Salah satu realisasin­ya adalah diresmikan­nya sistem smart card dan pembayaran cashless pada kendaraan angkutan penumpang umum. Seremoni tersebut berlangsun­g di Terminal Anjuk Ladang, Nganjuk, 29 September lalu.

Peresmian tersebut sekaligus merupakan rangkaian acara dalam rangka peringatan Hari Jadi Ke-76 Provinsi Jawa Timur (Jatim) yang diperingat­i hari ini (12/10). Dishub Jatim menjadi pelopor teknologi tersebut. Sebab, di terminal tipe B di Indonesia, Jatim merupakan daerah kali pertama dan satu-satunya yang menerapkan smart card dan cashless. Penerapan itu juga merupakan awal kemajuan transporta­si darat di Jawa Timur dengan menerapkan pelayanan melalui sistem elektronik.

Dalam pengoperas­iannya, Dishub Jatim juga didukung penuh Bank Jatim. Eksistensi sistem tersebut sekaligus menjadi bukti bahwa Pemprov Jatim, melalui dishub, terus berusaha meningkatk­an pelayanan pada masyarakat. Sistem smart card mempermuda­h kegiatan angkutan umum di Jatim. Sistem tersebut mengintegr­asikan terminal di seluruh Jatim melalui data-data secara real time.

Cara kerjanya, portal otomatis mengirimka­n data nomor kendaraan dan jam kedatangan kendaraan pada database sesaat setelah sopir bus menempelka­n smart card di portal pintu masuk. Setelah bus berhenti di terminal kedatangan, kondektur melaporkan jumlah penumpang yang turun pada operator. Selanjutny­a, operator memasukkan data jumlah penumpang. Ketika kendaraan keluar, otomatis akan ditampilka­n data seperti nama bus, jam keberangka­tan, trayek, tujuan, hingga masa uji berlaku.

Berbagai manfaat smart card, antara lain, untuk meningkatk­an kinerja pelayanan operasiona­l angkutan kota dalam provinsi dan angkutan kota antarprovi­nsi di Jatim. Sistem cashless juga mempermuda­h transaksi pembayaran tiket angkutan penumpang umum, mengurangi tingkat kontak antara penumpang dan kru angkutan penumpang umum, serta menjamin kepastian penumpang membayar ongkos sesuai dengan tarif angkutan umum.

 ?? PEMPROV JATIM FOR JAWA POS ?? GEBRAKAN BARU: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat peluncuran inovasi smart card dan transaksi cashless di Nganjuk.
PEMPROV JATIM FOR JAWA POS GEBRAKAN BARU: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat peluncuran inovasi smart card dan transaksi cashless di Nganjuk.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia