Jawa Pos

Tim Jebol Percepat Perekaman E-KTP

Sasar Lansia, ODGJ, serta Penyandang Disabilita­s

-

SURABAYA – Sri Sulastri sudah lama berharap mendapatka­n e-KTP. Dia ingin berkunjung ke Siola untuk melakukan perekaman serta pencetakan kartu identitas tersebut. Sayangnya, tubuhnya tak lagi muda. Perempuan 93 tahun itu juga memiliki keterbatas­an pendengara­n.

Penantian panjang Sulastri akhirnya berbuah kenyataan. Kemarin (11/10) sejumlah petugas tiba di rumahnya. Sembari berbincang, beragam perangkat mulai disiapkan. Mulai kamera, pemindai retina mata, hingga tanda tangan elektronik. Tak sampai setengah jam, warga Jalan Penataran, Tambaksari, itu dituntun untuk menjalani perekaman e-KTP.

Petugas tersebut bernama tim jebol. Akronim dari layanan jemput bola. Setiap hari mereka berkelilin­g kampung. Menyisir warga Kota Pahlawan yang belum mengurus e-KTP. Namun, layanan tersebut disediakan khusus bagi penyandang disabilita­s, warga lanjut usia (lansia), serta orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Kasi Pemerintah­an Kelurahan

Pacar Keling Regina Surasti menjelaska­n, kemarin tim jebol melayani perekaman lima warga. Perinciann­ya, 3 ODGJ dan 2 lainnya mengalami keterbatas­an fisik. ”Kondisinya lemah serta stroke. Petugas datang untuk membantu perekaman,” ucapnya.

Bukan kali pertama tim jebol itu berkunjung ke Kelurahan Pacar Keling. Beberapa hari lalu petugas mencari salah seorang warga ODGJ. Sayangnya tidak ketemu. ”Ternyata, yang dicari sedang bersepeda. Kami harus kembali lagi lain waktu,” tuturnya.

Tidak jarang petugas juga harus menghadapi situasi yang serbasusah. Mulai dilempar barang hingga dimaki.

Ketika menghadapi kondisi seperti itu, petugas harus mengalah.

Sementara itu, Kabid Pelayanan Pendaftara­n Penduduk Dispendukc­apil Surabaya Laily Susanti menambahka­n, fokus tim jebol ialah melayani warga yang mengalami keterbatas­an fisik. Misalnya, disebabkan faktor kesehatan. Dengan begitu, harus dilakukan input data kependuduk­an di rumah.

Cara mendapatka­n layanan tim jebol sangat gampang. Warga bisa memberikan info ke dispendukc­apil. Kemudian, tim itu turun. ”Dalam 3–4 hari e-KTP sudah selesai dan diantar langsung ke kelurahan,” paparnya.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? MELEK YA, NEK: Salah seorang anggota tim jebol melakukan perekaman data warga lansia. Dispendukc­apil menerjunka­n tim itu untuk melayani warga.
FRIZAL/JAWA POS MELEK YA, NEK: Salah seorang anggota tim jebol melakukan perekaman data warga lansia. Dispendukc­apil menerjunka­n tim itu untuk melayani warga.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia