Jawa Pos

Ganti 11,274 Km Pipa Lawas

-

SURABAYA – Pelayanan PDAM Surya Sembada belum sepenuhnya optimal. Gangguan teknis kerap diterima pelanggan. Salah satu penyebabny­a adalah kebocoran pipa. Sebab, mayoritas usia pipa itu tak lagi muda.

Untuk mengatasi gangguan tersebut, PDAM merehabili­tasi pipa yang sudah uzur. Tahun ini sepanjang 11,274 kilometer pipa yang akan diganti. Baik pipa distribusi maupun pipa tersier. ”Perbaikan sudah kita mulai,” jelas Manajer Tata Usaha dan Humas PDAM Surya Sembada Diah Ayu Anggraeni kemarin (11/10).

Pembenahan pipa itu dilakukan di sejumlah tempat. Tersebar di lima zona pelayanan. Zona satu, misalnya, penggantia­n dilakukan di wilayah Tenggilis, Jemur Andayani, dan kawasan Kutisari. Perbaikan pipa ditarget rampung November nanti.

Diah menyampaik­an, setiap tahun pihaknya merencanak­an peremajaan pipa. Perbaikan pun dilakukan secara bertahap. Dari 5.700-an kilometer pipa yang dimiliki PDAM, beberapa titik rawan bocor karena faktor usia. ”Kondisi pipa juga pengaruhi kualitas air. Sering kali aliran air jadi keruh. Jadi, harus diperbaiki,” ujarnya.

Dewan juga tak puas dengan kinerja PDAM. Wakil Ketua Komisi B DPRD Surabaya Anas Karno meminta manajemen BUMD itu segera memperbaik­i pipa lawas. Menggantin­ya dengan pipa baru. Sebab, sejauh ini masih ada jaringan yang belum pernah diganti. Tertanam sejak zaman kolonial Belanda. Tak pelak, pipa yang sudah berumur puluhan tahun itu sangat rawan bocor. ”Secepatnya lakukan pergantian pipa-pipa lawas. Ini sangat mengganggu pelayanan,” tegas Anas.

Selain pipa, distribusi aliran air PDAM menjadi perhatian. Sebab, dalam catatan DPRD, masih banyak warga yang belum mendapatka­n pelayanan PDAM. Pemasangan sambungan rumah harus menunggu. ”Catatan ini harus cepat ditangani. Kasihan masyarakat yang sudah lama menunggu,” tutur politikus PDIP tersebut.

 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? PERBAIKI FASILITAS: Petugas membenahi pipa bocor di Jalan Diponegoro beberapa waktu lalu. Tahun ini PDAM akan mengganti pipa yang sudah lama. Tujuannya, meningkatk­an pelayanan.
ALFIAN RIZAL/JAWA POS PERBAIKI FASILITAS: Petugas membenahi pipa bocor di Jalan Diponegoro beberapa waktu lalu. Tahun ini PDAM akan mengganti pipa yang sudah lama. Tujuannya, meningkatk­an pelayanan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia