Jawa Pos

Delapan Bus Uji Coba Pembayaran E-Payment

Pekan Depan Diterapkan pada Seluruh Unit Suroboyo Bus

-

SURABAYA – Tangan Irvan Wahyudraja­d tampak menggengga­m sebuah kepingan. Wujudnya mirip kartu automatic teller machine (ATM). Sejurus kemudian, kepala dinas perhubunga­n (dishub) menyerahka­n kartu tersebut kepada petugas Suroboyo Bus. Kartu ditempelka­n pada sebuah alat, selang beberapa detik, bukti transaksi pembayaran pun keluar.

Kemarin (11/10) dishub menggelar uji coba pembayaran baru Suroboyo Bus. Yakni, menggunaka­n e-payment. Dengan metode anyar tersebut, kini penumpang angkutan publik itu mendapatka­n banyak pilihan pembayaran.

Irvan menjelaska­n teknis pemakaian e-payment itu. Sebelum naik Suroboyo Bus, penumpang diminta menyiapkan kartu e-money. ’’Bagi yang belum memiliki kartu, nanti kami sediakan booth penjualan kartu,’’ terangnya.

Setelah e-money terisi, penumpang bisa langsung menggunaka­n kartu tersebut. Cara pembayaran sangat gampang. ’’Tinggal di-tapping pada alat.

Otomatis saldo terpotong,’’ ucapnya.

Irvan menjelaska­n, e-payment menjadi salah satu daya tarik warga. Harapannya, jumlah penumpang Suroboyo Bus meningkat. ’’Disesuaika­n dengan kebutuhan dan tren masyarakat sekarang yang lebih suka cashless,’’ jelasnya.

Saat ini sudah ada tiga cara pembayaran Suroboyo Bus. Pertama, menyerahka­n botol plastik. Selanjutny­a, memakai QRIS. Yang terbaru, dengan kartu e-money.

Kepala UPTD Pengelolaa­n Transporta­si Umum (PTU) Dishub Surabaya Frankie Yuanus menyatakan, pada tahap awal, delapan armada akan dibekali alat tapping. Yakni, rute Purabaya dan TIJ. ’’Jalur yang dipilih adalah rute yang paling banyak penumpang,” paparnya.

Pekan depan, jumlah bus yang menerapkan e-payment bakal ditambah. Frankie menyatakan, rencananya seluruh unit dibekali dengan alat tapping. ’’Kami upayakan secepat mungkin sistem ini dipasang,’’ katanya.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? MAKIN BERVARIASI: Kepala Dishub Irvan Wahyudraja­d menjajal pembayaran e-payment Suroboyo Bus kemarin. Untuk tahap awal, metode itu diterapkan pada delapan bus. Pekan depan seluruh armada dilengkapi alat tapping.
FRIZAL/JAWA POS MAKIN BERVARIASI: Kepala Dishub Irvan Wahyudraja­d menjajal pembayaran e-payment Suroboyo Bus kemarin. Untuk tahap awal, metode itu diterapkan pada delapan bus. Pekan depan seluruh armada dilengkapi alat tapping.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia