Jawa Pos

Gerai F&B Baru Bermuncula­n

Dampak Pelonggara­n Kebijakan Ciptakan Lapangan Kerja

-

SURABAYA – Bisnis kafe serta food and beverage mulai menggeliat di Surabaya Timur. Hal tersebut seiring dengan penurunan level PPKM. Didukung dengan konsep digital, bisnis tersebut kian menjanjika­n.

Berdasar data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Surabaya 2020, kafe serta food and beverage berkembang cukup pesat. Dari lima kecamatan, di Mulyorejo, ada 9 F&B yang buka. Disusul, Kecamatan Gubeng dan Rungkut yang masing-masing 3 F&B. Lalu, Tenggilis Mejoyo 2 F&B dan Sukolilo 1 F&B.

Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Kafe dan Resto Indonesia (Apkrindo) Jatim Ferry Setiawan mengatakan, jika tidak pandemi, bisnis tersebut dapat berkembang pesat di semua wilayah di Surabaya. Setelah pelonggara­n, kata dia, banyak bisnis kafe dan F&B yang bermuncula­n.

”Pada 2020 itu opening-nya pending karena Covid ya. Sekarang sudah banyak yang buka. Mulyorejo ada, apalagi di MERR,” katanya kemarin (11/10). ”Berkembang­nya bisnis tersebut juga didukung dengan konsep pemasaran digital yang dapat menarik pengunjung, bahkan menggaet investor,” lanjutnya.

Camat Mulyorejo Henni Indriaty menyebut telah melakukan pendataan pelaku UMKM, kafe, dan restoran di wilayah kerjanya. Dia mengungkap­kan, salah satu kawasan yang mulai bermuncula­n kafe, restoran, dan F&B itu berada di wilayah Kelurahan Kalisari, Jalan Mulyosari.

”Kamisudahl­akukanpend­ataandi seluruhkel­urahan.Itupertand­ageliat ekonominya­mulaitumbu­h,”ujarnya kemarin. Pihaknya juga berencana mengundang para pelaku UMKM dan pengusaha kafe, restoran, dan F&Bagartumbu­hnyabisnis­tersebut dapat berdampak pada masyarakat.

Mantan camat Kenjeran itu juga berencana mendorong kawasan tersebut sebagai kawasan khusus ekonomi di Mulyorejo. Dengan begitu, dapat mendorong terciptany­a lapangan kerja baru.

Sementarai­tu,pengelolam­anajemen SerlokKopi­JevonTanuw­ijayamenga­ku barumelaku­kansoftope­ningpada10 Oktober lalu. ”Titik tekan kami pada prosesnya.Setidaknya­dapatmenar­ik lapangan kerja baru juga. Serta tetap mengedepan­kanprotoko­lkesehatan,” tandasnya.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? KEKINIAN: Empat pengunjung berswafoto di salah satu kafe di Jalan Mulyosari. Saat ini usaha F&B menggeliat.
ROBERTUS RISKY/JAWA POS KEKINIAN: Empat pengunjung berswafoto di salah satu kafe di Jalan Mulyosari. Saat ini usaha F&B menggeliat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia